16 Tahun, Populasi Toyota Avanza Tembus 1,8 Juta Unit

Oleh Arief Aszhari pada 12 Des 2019, 18:01 WIB
Diperbarui 12 Des 2019, 18:01 WIB
Lebih Stylish, Begini Tampilan Toyota New Avanza-Veloz

Liputan6.com, Jakarta - Jika ada istilah mobil yang susah didahului atau dibalap di Indonesia, adalah Toyota Avanza, hal tersebut sepertinya benar. Pasalnya, jika berada di jalan raya, setelah kita mendahului mobil sejuta umat milik Toyota ini, pasti di depannya ada lagi, karena memang penjualan mobil ini bak kacang goreng.

Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik pada 11 Desember 2003 silam, Toyota Avanza langsung mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Terbukti, pada tahun perdana kembaran Daihatsu Xenia ini terjual 43 ribu unit.

Kini di usianya ke-16 tahun, Toyota Avanza semakin memantapkan posisinya menjadi MPV terlaris, dengan terjual lebih dari 1,8 juta unit.

Bahkan, tahun ini angka penjualan Avanza tumbuh sebesar 6,9 persen dibandingkan tahun lalu, di tengah penurunan permintaan pasar sebesar 11,1 persen pada segmen Low MPV.

Hal ini membuktikan Avanza tidak hanya tetap menjadi pilihan karena mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia, tetapi juga telah menjadi Part of Indonesia Greatness.

"Avanza lahir dari upaya Toyota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan the real 7-seater MPV, dengan DNA yang handal dan tangguh," jelas Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (12/12/2019).

"Kami bersyukur hingga di usianya ke-16 tahun ini, Avanza senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini tercermin dari angka penjualan Avanza," tambah Anton.

2 dari 2 halaman

Bikin pasar lebih besar

Lebih jauh, Anton yang pada awal karirnya di Toyota juga turut berkiprah dalam melahirkan Avanza menambahkan bahwa produk ini tidak hanya tampil fenomenal di sisi pencapaian tetapi juga mampu membuat segmen Low MPV menjadi sangat besar.

Pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di tahun 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit. Kami bersyukur Avanza tetap menjadi MPV pilihan masyarakat Indonesia selama 16 tahun terakhir, meskipun banyak pemain baru di segmen Low MPV," tegas Anton.

Seiring dengan respon positif yang masyarakat berikan kepada Avanza, Toyota terus melakukan peningkatan pada performa, kenyamanan, fitur safety dan tampilan.

Untuk mengikuti dinamika perubahan ekspektasi dan kebutuhan, hingga terlahirlah generasi ke-2 Avanza pada 2011, dan Grand New Avanza-Veloz pada 2015.

Tak berhenti di situ, Toyota kembali melakukan peningkatan yang signifikan pada Avanza-Veloz di awal 2019 ini. Tampilan new Avanza menjadi lebih modern dan tampilan new Veloz menjadi lebih stylish.

Lanjutkan Membaca ↓