Sukses

McLaren XP Cuma Ada Tiga Unit di Dunia, Apa Kelebihannya?

McLaren memiliki supercar yang jumlahnya sangat terbatas. Hanya tiga unit dan cuma dijual di California, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - McLaren memiliki supercar yang jumlahnya sangat terbatas. Hanya tiga unit dan cuma dijual di California, Amerika Serikat.

Melansir Zing, mobil edisi terbatas ini dinamai McLaren XP, yang mana XP diambil dari Experimental Prototype atau versi uji. Supercar ini dibuat oleh McLaren Special Operation (MSO).

Masing-masing McLaren XP didesain menggunakan tema untuk menghormati pembalap F1 Ayrton Senna yang tutup usia pada 1994.

Ketiganya menggunakan carbon fiber yang dicat dengan bendera nasional untuk balapan Grand Prix di seluruh dunia.

MSO mengatakan, produksi setiap McLaren XP butuh waktu 780 jam. Ketiganya masing-masing memiliki ciri khas berbeda dengan nama yang berbeda.

Pertama, Master of Monaco XP untuk merayakan enam kali kemenangan Senna di Monako mulai 1989 hingga 1993. Master of Monaco XP memiliki warna eksterior merah-putih dengan interior merah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga

Kedua, Lap of The Gods XP, menunjukkan saat Senna membalap dari posisi ke-5 lalu ke posisi pertama di Donington Park. Lap of The Gods XP dicat merah dan biru.

Ketiga, Home Victory XP, yang dicat dengan warna kuning dan hijau melambangkan Brasil yang merupakan kampung halaman Senna. Selain itu juga menandai hari jadi kemenangan pertama Senna pada 1991.

McLaren XP ini dijual seharga USD 1.435.328 atau setara dengan RP 20,1 miliaran (Kurs USD 1 = Rp 14.008).

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini