Sukses

Motor Adventure Terbaru Husqvarna Mulai Diproduksi

Liputan6.com, Jakarta - Sejak manggung di EICMA 2019 lalu, debut Husqvarna Norden  901 disambut positif. Tampilannya yang anti-mainstream terbilang mengejutkan.

Beda dari tunggangan sekelas yang mengusung tampang serba meruncing. Suguhan dari Husqvarna malah cenderung bergaya neo classic. Ya, mirip dengan Svartpilen atau Vitpilen. Tunggangan ala on-road yang juga punya sajian desain tak biasa.

Wajarlah jika Norden 901, mendapatkan apresiasi dari pameran di Italia itu. Dia dinobatkan sebagai salah satu motor paling keren di EICMA. Terbaru, prinsipal dikabarkan segera memproduksinya secara massal.

Hal ini diketahui lewat sebaran rilis mereka. Menurut RideApart, Norden 901 segera masuk dalam lini jualan Husq, sekaligus menjadi babak baru perjalanannya di industri otomotif dunia.

Kita tahu brand yang masih satu payung dengan KTM ini, dikenal sebagai produsen motocross. Lalu, dua tahun belakangan Husq menggebrak lewat petarung aspal, Svartpilen dan Vitpilen. Dan sekarang, ikut meramaikan ranah motor tualang. Dari segi perbekalan, Norden tak bisa dipandang sebelah mata.

Daya tariknya sudah dipaparkan melalui desain tadi. Sosok jangkung dipadu terapan lampu bulat yang tinggi. Bertujuan memberi pendaran cahaya lebih jauh ke depan.

Tersemat pula sepasang foglamp, guna menembus pekatnya kabut. Uniknya, Norden malah memakai winshield pendek. Sementara kompetitor seperti BMW R 1200 GS, mengaplikasi penahan angin lebih tinggi.

Toh kemampuannya menerabas rintangan, tetap mumpuni. Apalagi, kaki-kaki Norden dipasangi fork upside down (USD) racikan WP Suspension.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilengkapi Pelindung Komponen

Sementara di bagian belakang bersarang suspensi tunggal. Jua kepunyaan WP dan diletakkan miring 45 derajat. Peredam kejut itu diandalkan mengimbangi guncangan, saat roda 21-18 inci-nya melahap trek rusak.

Husq pun memerhatikan keawetan perangkat-perangkat yang berpotensi rusak. Makanya bagian seperti disc brake dan suspensi depan dimodali kondom. Pun demikian dengan skid plate untuk melindungi mesin terhantam kerikil atau batu besar. Bahkan, khusus item ini didesain stylish.

Unsur modern pun ditawarkannya. Tampak pada sajian panel meter via layar TFT. Dilengkapi tombol switching, bertujuan mengadaptasi penggunaan suspensi maupun fitur sesuai medannya.

Nah, menyoal mesin, Husqvarna Norden tak kalah mumpuni. Menggendong jantung mekanis dua silinder paralel, berkubikasi 890 cc. Perkiraan menyebut dia memakai basis dapur pacu KTM 790 Adventure.

Kendati begitu, tenaga dan torsinya diklaim lebih menjambak. Sayangnya, belum ada keterangan soal waktu pasti penggarapan massal Norden ini. Kita tunggu kelanjutan beritanya!

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.