Sukses

Cara Mitsubishi Fuso Mengasah Skill Siswa SMK

Untuk kedua kalinya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso menggelar Fuso Belajar dan Menginspirasi

Liputan6.com, Jakarta - Untuk kedua kalinya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso menggelar Fuso Belajar dan Menginspirasi (FBM). Kegiatan yang merupakan bagian dari program Fuso Vocational Education ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK, khususnya SMK-SMK mitra KTB di Indonesia.

Head of Public Relations & Corporate Social Responsibility Department PT KTB, Dony Hermawan menjelaskan, kegiatan FBM dan donasi alat praktik ini merupakan upaya dan wujud dari komitmen KTB dalam memberikan kontribusi kepada dunia pendidikan di Indonesia, khususnya untuk siswa-siswi SMK.

"Kami berharap dengan kegiatan ini, siswa-siswi SMK sebagai generasi penerus bangsa, mendapatkan pengetahuan ilmu praktis dan pengalaman bermanfaat untuk meraih masa depan yang gemilang," terang Dony dalam keterangan resminya.

Kegiatan yang melibatkan 14 SMK ini dibagi dalam dua periode penyelenggaraan. Tahap pertama dilaksanakan di 8 SMK mulai Oktober sampai Desember 2019, sementara tahap kedua rencananya bergulir di 6 SMK selama Januari hingga Maret 2020.

Selama Oktober 2019, FBM telah berlangsung di lima SMK yaitu SMK Negeri 1 Jakarta, SMK Negeri 55 Jakarta, SMK Negeri 2 Pontianak, SMK Ma’arif 1 Kebumen dan SMK Bina Karya Mandiri 2 Bekasi.

Di sepanjang November 2019, rangkaian kegiatan berlanjut di SMK Negeri 5 Surakarta dan SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Dan pada 6 Desember kemarin, kegiatan ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Singosari, Malang, Jawa Timur, sekaligus menjadi penutup dari rangkaian periode pertama di tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melibatkan Karyawan dan Donasi

Dalam kegiatan FBM, KTB melibatkan karyawan untuk menjadi pengajar sukarelawan (volunteer) untuk berbagi pengalaman tentang bagaimana berkarir di industri otomotif serta berbagi pengetahuan (soft skill) mengenai persiapan memasuki dunia kerja kepada siswa SMK secara interaktif.

Selain kegiatan pelatihan, seminar otomotif, serta FBM untuk siswa, di tahun ini KTB juga memberikan donasi alat praktik berupa Diesel Engine Compression Tester dan Ratchet & Extension Bar, untuk 14 SMK tersebut.

Donasi alat praktik ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih mengasah kemampuan siswa saat kegiatan praktik di masing-masing sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini