Sukses

Musim Hujan, Perhatikan Teknik Pengereman yang Benar di Jalan Licin

Pengendara sepeda motor harus lebih memperhatikan kondisi jalan yang licin saat berkendara di musim hujan. Kondisi seperti itu dapat menyebabkan kecelakaan akibat tergelincir saat mengerem.

Liputan6.com, Jakarta - Pengendara sepeda motor harus lebih memperhatikan kondisi jalan yang licin saat berkendara di musim hujan. Kondisi seperti itu dapat menyebabkan kecelakaan akibat tergelincir saat mengerem.

Teknik pengereman yang salah sehingga pengendara tergelincir menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Dalam artikel kali ini, terdapat beberapa cara pengereman sepeda motor dengan benar, seperti dilansir Corsatire.

Pertama, pengendara sebaiknya menggunakan keempat jari tangan kanan untuk melakukan pengereman ban depan. Hal itu dilakukan agar semua handle rem terpegang sempurna sehingga pengereman bisa dilakukan lebih maksimal.

Selanjutnya, proses pengereman harus diawali dengan melepas handle gas. Akan percuma jika pengendara mengerem sambil menarik gas, karena mesin masih memutar roda. Hasilnya pengereman yang dilakukan tidak maksimal.

Lakukan penarikan handle rem secara perlahan-lahan, jangan disentak secara bersamaan. Setelah hampir mendekati objek yang dihindari, pengereman bisa ditarik lebih kuat.

Untuk memperlambat laju kendaraan di jalanan lurus, kombinasikan sistem pengereman depan dan belakang dengan perbandingan 60:40 atau 70:30. Pemakaian rem depan yang lebih besar memungkinkan gerakan sepeda motor tidak oleng. Sedangkan pengendara yang menggunakan rem belakang memiliki potensi sliding lebih besar di jalanan licin akibat musim hujan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Melewati Tikungan

Apabila sepeda motor hendak melewati tikungan, teknik pengereman yang benar ialah mengandalkan rem belakang secara perlahan-lahan. Penggunaan rem depan bisa mengakibatkan motor terpeleset.

Pastikan kondisi rem depan dan rem belakang selalu normal. Lakukan perawatan rem sepeda motor secara rutin dan ganti kampas rem yang sudah habis. Jangan biarkan salah satu sistem pengereman tidak berfungsi. Sebab, rem depan dan rem belakang merupakan komponen penting.

Hal terakhir, pastikan ban motor memiliki daya cengkeram yang baik agar kendaraan tetap terkendali saat mengerem. Jika ban tidak memiliki daya cengkeram resiko terjadi selip saat mengerem lebih besar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.