Sukses

Mau Beli Mobil? Jangan Lupa Test Drive Dulu

Bagi sebagian orang, akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk membeli mobil baru. Pasalnya, ada banyak promo yang ditawarkan dealer mobil jelang pergantian tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk membeli mobil baru. Pasalnya, ada banyak promo yang ditawarkan dealer mobil jelang pergantian tahun.

Dan di era digital seperti sekarang ini, untuk mendapatkan model yang diidamkan sangatlah mudah. Tinggal duduk manis sembari berselancar di internet melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan beragam informasi yang dibutuhkan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu jauh-jauh mendatangi dealer untuk mencari informasi mengenai mobil yang disuka.

Perlu diingat, dalam membeli mobil ada banyak hal yang perlu pertimbangkan dengan sangat matang. Jangan hanya terpaku dengan desain dan harganya saja, Anda harus benar-benar paham dan mengetahui mengenai spesifikasi, fitur, ataupun biaya kepemilikannya.

Jika benar-benar sudah cocok dengan model yang diinginkan, sebaiknya Anda melakukan test drive terlebih dahulu sebelum bertransaksi. Hal ini untuk mengetahui plus minus dari kendaraan incaran Anda.

Nah, dalam melakukan test drive, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Pertama atur posisi duduk. Ini penting untuk mengetahui posisi duduk dan setir yang sesuai dan nyaman.

Kemudian nyalakan mesin dan perhatikan suaranya. Jangan langsung men-starter-nya, pastikan semua lampu indikator pada panel instrumen mati baru starter. Jika ada lampu yang menyala berarti ada masalah dengan mobil tersebut.

Setelah menyala, dengarkan suara mesinnya. Agar terdengar jelas, buka jendela. Dengarkan dengan seksama, dan pastikan suara mesin normal atau tidak ada bunyi yang tidak wajar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lain

Sebelum jalan, periksa dulu kinerja transmisinya. Coba satu per satu ditiap posisi, pastikan sistem transmisi bekerja dengan baik.

Untuk mengetahui kondisi kaki-kaki, lewati jalan yang tidak rata. Cek pula sistem pengeremannya. Jika sudah merasa cocok dan tidak ditemui kendala, silakan dilanjutkan ke tahap transaksi.

Sekadar informasi, salah satu pabrikan yang menawarkan keuntungan melalui test drive adalah Wuling Motors. Melalui program bertajuk 'Drive & Win', test drive berhadiah ini berlangsung di seluruh jaringan dealer Wuling di Indonesia.

Syarat mengikuti program ini cukup mendaftarkan diri melalui laman driveandwin.wuling.id. Setelahnya bisa melakukan test drive, pemesanan atau pun pembelian untuk seluruh lini produk di dealer untuk memperoleh nomor undian berhadiah mobil.

Adapun total hadiah dari program ini berupa sembilan mobil, yang terdiri dari tiga Almaz Smart Enjoy CVT, tiga Cortez CT CVT Comfortable, dan tiga Confero S ACT, yang diundi di tiap akhir periode dari September 2019 hingga Februari 2020.

Untuk periode kedua yang berlangsung hingga 31 Desember 2019 ini, akan dilakukan pengundian di akhir Januari 2020 dengan hadiah berupa satu Almaz, satu Cortez CT, dan satu Confero S ACT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.