Sukses

Adu Dimensi Renault Triber Vs Calya-Sigra dan Datsun Go+, Siapa Unggul?

Kehadiran Renault Triber memberikan pilihan bagi calon konsumen mobil 7-seaters. Tak hanya calon pembeli LMPV, konsumen yang mengincar LCGC pun akan melirik Renault Triber karena harganya yang bersinggungan.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Renault Triber memberikan pilihan bagi calon konsumen mobil 7-seaters. Tak hanya calon pembeli LMPV, konsumen yang mengincar LCGC pun akan melirik Renault Triber karena harganya yang bersinggungan.

Selain harga, soal dimensi juga patut dikomparasi, layaknya mobil pengangkut keluarga. Ukuran Triber memang tak sebesar kebanyakan LMPV, lebih pas diadu dengan LCGC 7-seater. Berbekal panjang bodi tak sampai 4 meter, apakah Triber punya dimensi yang kalah dari kompetitor?

Sekilas pandang, Triber memang tak terlalu besar. Membenarkan kalau panjangnya tak sampai 4 meter. Bekal dimensi, 3.990 x 1.739 x 1.643 mm (PxLxT). Hanya sedikit lebih panjang dari city car Honda Jazz (3.955 mm). Di antara pesaingnya, Triber kalah panjang. Datsun GO+ cuma unggul tipis, dengan 3.995 x 1.636 x 1.507 mm. Sedang Toyota Calya - Daihatsu Sigra 4.070 x 1.655 x 1.600 mm. Jelas Calya Sigra menang kalau adu panjang dimensi bodi.

Namun apakah itu menjamin kabin Calya Sigra paling luas? Tidak juga. Masih ada jarak sumbu roda yang signifikan memengaruhi susunan kabin. Ini penting. Lantaran untuk menyusun tiga baris, perlu pengaturan kabin yang baik, sehingga bisa lebih terasa lapang. Sektor ini, Triber juaranya. Ia punya wheelbase 2.636 mm. Datsun GO+ cuma 2.450 mm dan Calya Sigra 2.525 mm. Kalau pernah merasakan jadi penumpang di GO+, Calya dan Sigra, bakal kaget saat memasuki kabin Triber.

Mungkin tak signifikan untuk baris ketiga. Tapi baris pertama dan kedua, Renault Triber sangat bisa dinikmati. Apalagi kursi baris kedua, mendukung reclining dan sliding. Bisa digeser maju dan mundur untuk sandaran dan dudukannya. Berarti, kelapangan kaki penumpang baris kedua bisa lebih terjamin.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimensi Lebar

Tambahkan lagi dengan dimensi lebar Triber yang unggul di antara pesaing LCGC. Menjamin penumpang baris belakang tak terlalu berimpitan saat terisi penuh. Begitu pun soal tinggi, Triber unggul ketimbang GO+ dan Calya-Sigra. Itu jadi jaminan kabin Triber punya ruang kepala lapang, tak bikin mentok ke plafon.

Tata ruang kabin dimanfaatkan optimal oleh Renault. Selain reclining dan sliding, kursi baris kedua Triber mendukung pelipatan 40:60. Fungsinya, meningkatkan kepraktisan kabin saat butuh ruang ekstra. Dikombinasikan dengan kursi baris ketiga easyfix, yang bisa dilipat 50:50 dan dilepas terpisah. Alhasil, fungsi memuat kargo meningkat drastis. Diklaim, Triber punya daya muat 84 liter saat semua kursi ditegakkan. Bertambah jadi 320 liter saat konfigurasi 6-seater (dilipat satu) dan 625 liter untuk 5-seater.

 

3 dari 3 halaman

Konfigurasi Jok

Calya dan Sigra mirip Triber. Kursi baris keduanya bisa dilipat 40:60, reclining dan sliding. Sedang untuk baris ketiga menyatu antar-sandarannya. Sementara GO+ paling minim, dengan sandaran kursi baris kedua menyatu semua. Begitu juga baris ketiga. Jadi tak bisa dilipat terpisah.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini