5 Hal Wajib Diperhatikan Saat Pilih Asuransi Mobil

Oleh Dian Tami Kosasih pada 25 Nov 2019, 06:10 WIB
Diperbarui 25 Nov 2019, 14:14 WIB
6 Tips Memilih Asuransi Mobil (Sales)

Liputan6.com, Jakarta Asuransi mobil perlu diperhatikan saat jumlah kendaraan mengakibatkan peningkatan risiko terjadinya kecelakaan.

Ketika kecelakaan terjadi tentu ada biaya yang diperlukan untuk memperbaiki kendaraan kesayangan. Untuk meminimalisir kerugian finansial yang dialami, sebaiknya pemilik kendaraan juga memiliki asuransi.

Banyaknya perusahaan asuransi mobil yang bermunculan dengan berbagai tawaran yang menarik, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli asuransi mobil seperti dilansir Garda Oto.

Pahami Faktor yang Menentukan Premi

Sebelum membeli asuransi sebaiknya pemilik kendaraan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi premi. Salah satunya, tipe mobil, tahun kendaraan, daerah, dan jenis pertanggungan yang akan mempengaruhi premi.

Memilih Jenis Pertanggungan yang Tepat

Setelah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi premi, hendaknya pilih jenis pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila mobil sudah berumur lebih dari 5 tahun sebaiknya Anda memilih jenis asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

2 dari 3 halaman

Tinjau Ulang Polis Sebelum Menyetujuinya

Sebelum menyetujui dan membeli asuransi untuk mobil, sebaiknya Anda meninjau polis asuransi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan apa saja risiko yang akan ditanggung atau tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

Proses Klaim yang Mudah

Pastikan saat Anda mengajukan klaim prosesnya tidak terlalu rumit. Alangkah baiknya apabila perusahaan asuransi memiliki sistem yang terintegrasi dengan teknologi, contohnya aplikasi atau website yang ditujukan untuk memudahkan pelanggan.

Kenali Perusahaannya Sebelum Memilih Asuransi

Pilihlah perusahaan asuransi yang sudah terjamin kualitas dan reputasinya agar Anda dapat berasuransi dengan aman.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓