Sukses

Cara Mudah Cegah Karat pada Motor di Musim Hujan

Hujan yang mulai mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia November ini membuat beberapa hal harus lebih diperhatikan pemilik kendaraan bermotor agar karat tidak menyerang.

Liputan6.com, Jakarta Hujan yang mulai mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia November ini membuat beberapa hal harus lebih diperhatikan pemilik kendaraan bermotor agar karat tidak menyerang.

Asisten Manajer Technical Training Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat Ade Rohman mengatakan, kendaraan harus segera dibersihkan sesudah digunakan menembus hujan agar komponen tak rentan terkena karat.

"Mudah sebenarnya untuk merawat motor agar tak karatan, yakni dengan melakukan pembersihan atau mencuci motor lalu dikeringkan dengan mengelap atau menyemprot angin. Tak lupa juga lakukan pelumasan komponen yang bergesekan atau bergerak," kata Ade.

Selain itu, Ade juga menyarankan pemilik untuk tetap menjaga bagian kelistrikan. Hal ini tentu berkaitan erat dengan performa mesin. Cara yang disarankan ialah menghindari genangan air saat berkendara. 

"Hindari genangan air serta banjir yang dapat merendam sebagian atau seluruh bagian mesin serta elektrik. Sedangkan untuk merawat motor, pemilik sebaiknya rutin memeriksa tutup oli mesin agar terhindar dari kebocoran. Lalu periksa tutup busi dari kebocoran yang mengakibatkan konsleting, serta perhatikan kabel bodi dari pengelupasan atau kemasukan air," ujarnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksa Aki

Pemilik kendaraan juga disarankan untuk selalu memeriksakan kondisi aki setelah menggunakannya di musim penghujan atau menerjang banjir.

"Saat hendak mengeringkan motor dengan dilap atau saat hendak di semprot angin kompresor, periksa juga aki khususnya pada motor matik," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.