Ada Putih-Putih di Kepala Aki, Begini Cara Membasminya

Oleh Liputan6.com pada 24 Nov 2019, 06:03 WIB
Diperbarui 24 Nov 2019, 06:03 WIB
Aki Korosi
Perbesar
Aki Korosi disebabkan adanya serbuk putih di bagian kutub atau terminal aki. (Ducati Scrambler Forum)

Liputan6.com, Jakarta - Pada aki basah, umumnya ditemukan putih-putih yang merupakan jamur pada kepala aki. Biasanya, jamur ini timbul setelah aki digunakan dalam waktu cukup lama.

Cara mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah. Tidak perlu menggunakan cairan khusus untuk membersihkan jamur yang menempel.

Dikutip dari situs resmi Suzuki, kerak jamur biasa muncul di terminal kepala aki. Ini normal terjadi pada aki basah dan bukan masalah yang serius.

Biasanya, jamur paling banyak muncul di kepala bagian plus (+). Penyebabnya, terjadi oksidasi air aki yang mengandung asam sulfat (H2SO4).

Asam sulfat adalah cairan elektrolit kuat yang bisa menyimpan dan menghantarkan arus listrik.

Akibat pemakaian arus listrik secara terus menerus membuat aki menjadi panas. Nah, dari panas ini air aki menjadi menguap dan muncullah jamur kerak putih di terminal kepala aki.

 


Segera Bersihkan

Jika sudah muncul kerak jamur ini, sebaiknya segera dibersihkan. Kalau didiamkan bukan tidak mungkin listrik yang dialirkan aki jadi terhambat.

Cara membersihkannya tidak sulit. Kamu cukup menggosok-gosok kerak jamur putih di kepala aki sampai kembali bersih dengan sikat gigi bekas. Kamu tak perlu cairan apa pun untuk membersihkannya.

Sumber: Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya