Hindari Hal-Hal Ini Saat Poles Bodi Mobil

Oleh Liputan6.com pada 20 Nov 2019, 19:04 WIB
Diperbarui 20 Nov 2019, 19:16 WIB
Poles Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pemilik mobil pribadi, merawat bagian eksterior menjadi bagian yang paling mudah karena bisa dilakukan sendiri. Tapi, tetap saja ada aturan mainnya agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Mengutip laman Auto2000, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, mengatakan ada hal yang paling penting diperhatikan pemilik mobil yang ingin merawat eksteriornya.

"Pastikan wax atau cairan poles yang mau digunakan tak banyak mengandung zat kimia. Sebisa mungkin hindari waxing atau poles yang mengandung silikon, karena bila digunakan terus-menerus punya efek buruk ke depannya," kata dia.

Bahaya Cairan Poles dengan Kandungan Silikon yang Tinggi 

Cairan wax dengan kandungan silikon yang cukup banyak dan digunakan rutin untuk memoles, menurut Suparna bisa membuat lubang-lubang kecil di bagian struktur permukaan bodi.

Kondisi ini akan sangat riskan bila suatu saat mobil ingin melakukan proses pengecatan ulang atau repainting.

"Silikon itu menimbulkan lubang kecil seperti bintik yang cukup banyak pada bagian bodi. Ini bisa menyulitkan proses repainting nantinya, karena permukaan bodi menjadi tidak rata,” kata dia.

Tidak hanya itu, kandungan silikon dan zat lain yang terlalu banyak pada obat poles juga bisa membuat terkikisnya pelapis cat atau clear coat. Hal tersebut justru membuat cat mobil tanpa lapisan yang lama kelamaan bisa menimbulkan kusam.

 

2 dari 3 halaman

Harus Kurangi Kebiasaan Ini 

Selain menghindari penggunaan obat poles yang memiliki kadar silikon cukup banyak, menurut Suparna, pemilik mobil juga harus mengimbangi dengan kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Mulai dengan rajin mencuci kendaraan sampai menghindari parkir mobil di ruang terbuka pada siang hari. “ Paling mudah bisa dengan cairan paint protection saja, tapi pemakaiannya juga jangan terlalu sering, disesuaikan dengan kebutuhan,” jelas Suparna.

Dia juga mentarankan pemilik mobil untuk menghindari polesan yang memiliki instan shine karena mengandung zat-zat berbahaya. 

“Yang paling penting lagi rutin mencuci mobil,” kata Suparna.

Sumber: Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓