Sukses

Ini Pelumas Terbaru Shell untuk Mobil LCGC

PT Shell Indonesia dan PT Astra Otoparts Tbk (AOP) kembali menambah lini produknya untuk pasar Tanah Air. Secara spesifik, kendaraan yang disasar adalah low cost green car (LCGC).

Liputan6.com, Jakarta - PT Shell Indonesia dan PT Astra Otoparts Tbk (AOP) kembali menambah lini produknya untuk pasar Tanah Air. Secara spesifik, kendaraan yang disasar adalah low cost green car (LCGC).

Karenanya, pelumas ini diramu menyesuaikan kebutuhan produk-produk tadi. Termasuk melengkapinya dengan spesifikasi API SN. Yang bertujuan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, serta emisi gas buang agar ramah lingkungan.

Pelumas baru itu adalah Shell Helix Astra 0W-20 LCGC API SN. Pelumas ini cocok untuk LCGC seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra bermesin 1.200 cc, atau di bawahnya.

 

Oli fully synthetic ini juga diperkaya aditif untuk membersihkan ruang bakar. Dengan begitu, endapan yang mengganggu performa mesin tak lagi ditemui. Selain itu, terdapat pula kandungan berupa pelindung untuk mencegah terjadinya keausan pada komponen mesin.

Terapan ini dinilai penting agar umur mesin lebih panjang. Terakhir, Shell Helix Astra LCGC juga dibekali formulasi minim penguapan. Bisa diartikan proses top-up (menambahkan oli) jadi lebih hemat. Walaupun kedua brand tak menyebutkan persentase penguapannya.

Ini pula yang menjadi alasan Shell dan AOP, hanya menyediakan kemasan Shell Helix Astra 0W-20 LCGC API SN 1 liter. Namun soal harga, oli mesin LCGC mereka dijual Rp 117.000 (HET).

Cukup ramah di dompet, mengingat brand lain ada yang menjualnya sampai Rp 120 ribu/liter. Namun jika menyasar pengguna LCGC 1.000 cc, rasanya kurang tepat. Sebagai contoh Daihatsu Ayla 1.000 cc. Dengan mesin yang belum VVT-i, spek oli di atas jelas ketinggian.

Bukan perihal keuntungan yang didapat sektor dapur pacu, melainkan harganya yang terlampau mahal. Sementara kebutuhan olinya 5W-30. Pantauan kami, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjual DGO 5W-30 dengan harga Rp 97.000. Jika dikali empat (4 liter), tetap lebih murah ketimbang membeli Shell Helix Astra 0W-20 LCGC API SN.

Shell Helix Astra 0W-20 API SN+Produk anyar dari kolaborasi mereka, juga dihadirkan lewat pelumas satu ini. Sejatinya, dia memiliki ramuan serupa dengan oli LCGC. Dibekali Active Cleansing Technology (ACT).

Sebagai pembersih kerak maupun endapan dari pembakaran yang tidak sempurna pada mesin. Namun, ia memiliki flexi molecule yang berfungsi memberi perlindungan ekstra. Terutama pada mobil berpelengkap turbocharged yang bekerja dengan tekanan tinggi. Dengan begitu, gejala overheat bisa direduksi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga

Apalagi Shell Helix Astra 0W-20 API SN+ sudah memenuhi API Service paling tinggi. Menyesuaikan kebutuhan pelumas mobil-mobil terkini, utamanya yang bermesin 1.300 cc ke atas. Kedua belah pihak bahkan sempat mengujinya pada mobil turbo dan hasilnya memuaskan.

"Keunggulan pelumas ini, menggunakan bahan dasar 90% gas alam murni. Diformulasikan khusus untuk kondisi berkendara di Indonesia. Kami berharap pengguna Shell Helix Astra dapat menikmati performa kendaraan yang lebih baik dengan mesin lebih bersih. Lebih tahan panas dan tahan lama," kata Andreas Pradhana, Vice President Marketing Lubricants PT Shell Indonesia, saat peluncuran di Jakarta Selatan (18/11).

Bicara soal harga, tentu Shell Helix Astra 0W-20 API SN+ dijual lebih mahal. Dalam kemasan serupa (1 liter), pelumas ini dijual dengan harga eceran tertinggi Rp 260.000.

Kedua produk sekaligus melengkapi varian pelumas yang sudah ada sebelumnya. Seperti Shell Helix Astra 5W-30 API SN+, Shell helix Astra 10W-30 API SN, Shell Helix Astra 10W-40 API SN serta oli transmisi Shell Spirax Astra 80W-90. Kelimanya juga tampil lebih segar dengan kemasan baru.

Untuk mendapatkannya, konsumen dapat membelinya langsung di 98 diler Auto2000, 69 diler resmi Astra International Daihatsu serta 375 toko Shop & Drive di seluruh Indonesia. Khusus untuk peminang Shell Helix Astra 0W-20 API SN+, konsumen bisa memanfaatkan layanan Home Delivery Shop & Drive. Sementara produk Shell Helix Astra 0W-20 LCGC API SN, dapat dibeli via toko online Astraotoshop.com

"Melalui tagline 'Nyetir Tanpa Khawatir', Shell Helix Astra diposisikan sebagai produk terpercaya. Dipasarkan pula oleh jaringan terpercaya Astra dan didukung mekanik andal. Maka itu kami juga yakin pelanggan selalu merasakan pengalaman terbaik," tutup Yusak Kristian, Direktur AOP.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.