Sukses

Perhatikan Hal-Hal Penting Ini Sebelum Berkendara Jarak Jauh

Musim libur akhir tahun sudah di depan mata. Pasti sudah banyak dari Anda yang sudah merencanakan liburan baik bersama keluarga maupun sahabat.

Liputan6.com, Jakarta - Musim libur akhir tahun sudah di depan mata. Pasti sudah banyak dari Anda yang sudah merencanakan liburan baik bersama keluarga maupun sahabat.

Guna menunjang kenyamanan untuk mencapai tepat tujuan, mobil menjadi salah satu alat transportasi andalan. Alasannya, mobil lebih nyaman daripada sepeda motor, apalagi untuk berkendara jarak jauh.

Dikutip dari Daihatsu, dengan naik mobil, Anda tidak akan merasakan langsung terik dan panasnya sinar mentari. Kamu juga tidak akan kepanasan karena ada AC di mobil.

Selain itu, dalam kondisi hujan, mobil adalah kendaraan yang sangat fleksibel karena mampu melindungimu dari basah kuyup akibat terkena air hujan.

Mobil sebagai kendaraan yang nyaman untuk mobilitas sehari-hari juga sangat pas untuk dikendarai saat hendak berpergian jarak jauh seperti mudik, atau jalan-jalan keluar kota.

Berkendara jarak jauh tentunya membutuhkan persiapan, selain kesiapan fisik dan finansial, tentunya mobil kamu juga harus berada dalam kondisi yang baik dan siap menempuh jarak ratusan bahkan ribuan kilometer jauhnya.

Agar bisa berkendara secara prima, selain fisik, kamu juga harus memperhatikan kondisi fisik mobil. Jika kurang meyakinkan, kendaraan bisa diboyong ke bengkel sebelum digunakan untuk menempuh jarak jauh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komponen Kendaraan yang Wajib Diperiksa

Setidaknya, ada tiga komponen yang harus diperhatikan. Pertama, ban mobil. Mengapa? Perjalanan jarak jauh tentunya memaksa ban mobil bekerja lebih keras sehingga gesekan yang terjadi antara ban dengan aspal atau jalanan semakin lama.

Gesekan akan membuat ban menipis. Agar tidak bermasalah, ada baiknya kamu memeriksa apakah ban masih layak pakai atau harus diganti.

Kedua, kopling. Komponen ini perlu diperhatikan, terutama untuk mobil manual. Bagi pengguna mobil tiga pedal, kopling akan bekerja keras saat berkendara jarak jauh, apalagi jalanannya macet dan menanjak.

Ketiga, shockbreaker. Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah shocbreaker. Bagian kaki mobil ini akan bekerja keras untuk memberikan kenyamanan berkendara, terutama di jalan yang berlubang, bergelombang, dan tidak rata.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.