Piaggio Perkenalkan Medley 2020, Intip Pembaruannya

Oleh Liputan6.com pada 11 Nov 2019, 12:03 WIB
Piaggio Medley 2020

Liputan6.com, Jakarta - Piaggio Medley 2020 hadir di EICMA 2019. Beragam pembaruan disemati pada skutik ini, seperti desain, performa hingga fitur-fitur baru.

Langkah penyegaran Piaggio Medley tentu saja perlu dilakukan, demi menarik minat konsumen. Terlebih Medley sendiri rasanya kurang populer. Terlebih jika membandingkannya dengan Vespa, brand satu payung asal Italia yang lebih populer. Kira-kira sama dengan sebarannya di Indonesia. Sementara menghentikan inovasi tentu bukan pilihan. Apalagi Medley sendiri punya desain cukup unik.

Salah satu cara ialah mendandaninya. Secara keseluruhan, penempatan kombinasi headlamp serta sein masih sama. Hanya saja kini lampu utamanya sudah menggunakan jenis LED. Bagian wajah Medley 2020 ini juga terdapat hal baru. Ada air scoop desain honey comb, bersarang diantara lampu sein. Kemudian, desain sepatu alias pelek juga tampak beda. Meskipun ukurannya masih sama, 16 inci di depan dan 14 inci untuk ban belakang.

Menurut Bennetts UK, Medley 2020 tetap mengandalkan sasis tubular berbahan baja. Namun, kerangka itu sudah diperkokoh. Dan, posisinya jadi lebih rendah. Ini berarti, Medley kian bersahabat untuk ditunggangi. Nyaman sekaligus menyenangkan. Mengingat kini juga turut mengaplikasi sistem konektivitas MIA.

Pemilik dapat mudah terhubung langsung dengan Medley 2020. Sama seperti terapan pada Vespa GTS Supertech. Pengguna juga bisa melihat informasi dari smartphone. Sebutlah panggilan telepon, pesan singkat hingga menyetel musik kesukaan via layar digital di panel meter. Jikapun sama seperti GTS Supertech, artinya Medley 2020 bisa diperintah via suara (voice command).

 

2 of 3

Spesifikasi Mesin

Menyoal kenyamanan, sudah pasti merujuk kepada impresi berkendara. Bagian ini bisa jadi bagian paling menggoda dari Piaggio Medley. Performanya kian baik. Pihak R & D Piaggio Eropa dikabarkan melakukan ubahan besar pada sektor jantung mekanis. Terjadi pada varian Medley 125 maupun Medley 150. Meliputi penggunaan casting baru, valve lebih besar, chamsaft dan rockers arm lebih ringan.

Untuk Piaggio Medley 150, tenaganya kini 16,46 Tk di 8.750 RPM. Torsi maksimalnya 14,9 Nm pada putaran mesin 6.500 RPM. Sedangkan untuk Medley 125, output-nya 14,75 Tk di 9.000 RPM dan torsi 11,9 Nm di 6.500 RPM. Peningkatan itu tak lepas dari sentuhan baru pada bagian piston, injektor, air box hingga throttle body. Ubahan ini tentu kian menyempurnakan sematan i-get engine yang sudah lebih dulu digendongnya.

 

3 of 3

Start and Stop System

Sekaligus melengkapi nilai jual lain dari motor ini, tersedia fitur start & stop system. Sama seperti skutik Jepang sekarang ini, mesin Medley 2020 bakal mati otomatis saat motor berhenti atau idle sekitar 5 detik. Lalu mesin menyala otomatis saat gas dipuntir. Tak kalah penting lagi, daya tampung bagasi. Area di bawah jok ini cukup luas karena memuat dua buah helm.

Deretan perubahan inilah yang membuatnya sekarang punya daya pikat lebih. Semoga saja harganya juga cukup menarik. Dan, menggoda untuk pasar Indonesia. Kita tunggu saja, apakah Piaggio Indonesia membawa model ini?

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓