Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Oleh Liputan6.com pada 08 Nov 2019, 18:39 WIB

Diperbarui 10 Nov 2019, 09:14 WIB

AC Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Air Conditioner (AC) merupakan komponen yang sangat penting dalam menjaga kenyamanan pengguna mobil. Selain membuat suhu kendaraan menjadi sejuk, AC menjadi solusi agar sirkulasi udara di dalam mobil menjadi lancar.

Kondisi AC yang tidak prima tentunya akan menjadi gangguan bagi pengguna mobil. Tanpa AC, suhu tentunya akan menjadi lebih panas sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.

Sirkulasi udara juga menjadi terhambat sehingga kaca mobil harus dibuka dan membuat polusi berpotensi masuk ke dalam mobil.

Untuk itu, sangat penting bagi pengendara untuk memberi perhatian pada kondisi AC. Dilansir laman resmi Top1, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar AC mobil tetap dingin dan berfungsi dengan baik.

1. Jaga kebersihan interior mobil

Menjaga kebersihan interior mobil merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga performa AC.

Interior mobil yang kotor dan berdebu dapat menghambat kinerja filter AC. Filter AC yang kotor dapat membuat komponen ini tidak menghasilkan dingin sebagaimana mestinya.

2. Matikan AC selama beberapa waktu

Apabila mobil berjalan dalam jarak yang cukup jauh, ada baiknya untuk mematikan AC selama beberapa waktu. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pembekuan pada saluran AC.

 

2 of 2

3. Parkir dengan bijaksana

Mobil yang diparkir di bawah terik matahari akan membuat interior menjadi panas. Saat mobil dinyalakan, AC beban pendinginan pun menjadi bertambah dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendinginkan mobil.

4. Hindari penggunaan rokok dalam mobil

Asap dan nikotin rokok dapat membuat evaporator AC menjadi kotor. Hal ini tentunya dapat menghambat kerja AC.

5. Bersihkan kondensor AC

Ketika sedang mencuci mobil, sempatkan untuk membersihkan kondensor AC. Caranya, buka kap mesin dan cari komponen yang berbentuk mirip radiator lalu semprot kencang dengan air. Hal ini dilakukan untuk menghindari kondensor dari karat dan keropos.

6. Lakukan pengecekan rutin

Terakhir, lakukan pengecekan AC secara rutin ke bengkel. Dengan rutin melakukan pengecekan maka komponen seperti kompresor, receiver dyer, kondensor, evaporator, ekstra fan kipas, hingga freon dapat diketahui apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Penulis: Khema Aryaputra

Lanjutkan Membaca ↓