Karakter SUV dalam Diri Mitsubishi Xpander Versi Crossover

Oleh Liputan6.com pada 08 Nov 2019, 17:34 WIB

Diperbarui 08 Nov 2019, 18:17 WIB

Sebuah mobil dengan kamuflase tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan di Indonesia. Mobil dengan pelat B 2419 KEM ini disebut-sebut sebagai mobil keluarga  Xpander Crossover.

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi Xpander versi crossover dijadwalkan meluncur pekan depan. Satu bocoran awal yang bisa dibagi adalah karakter dasarnya yang lebih SUV.

Ini sempat jadi tanda tanya. Sebab, Xpander sudah berunsur SUV dengan desain dan ground clearance-nya yang membedakannya dari low MPV kebanyakan.

Saat melihat langsung, Mitsubishi Xpander Crossover punya karakter yang lebih gagah dari Xpander yang ada saat ini. Begitu penialain otosia. Secara umum, menggambarkan dari sosok yang nantinya sebagai varian tertinggi Xpander.

Konsep Dynamic Shield tetap menempel pada crossover ini. Misalnya lampu LED model sipit dengan mempertahankan lampu utama besar. Minoru Uehara menegaskan bahwa Xpander Crossover punya tampang yang solid. Memang demikian adanya, sebagai sebuah cerminan SUV kokoh dan tangguh.

"Xpander merupakan kombinasi SUV dan MPV. Produk baru ini, dia nantinya lebih ke arah SUV," ujar Minoru Uehara, Chief Product Specialist Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

Penekanannya kata dia ada pada "driving comfort with special tuned suspension" serta lebih solid tidak bumpy.

Pendeknya, masyarakat diajak kembali melihat Pajero. Mitsubishi, kata dia, punya kesan sangat kuat sebagai mobil yang sangat tangguh di segala medan. 

"(New Crossover MPV) ini direpresentasikan dari Pajero Sport yang telah diterima baik oleh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Namun, New Crossover MPV ini tetap memadukan konsep MPV dan SUV. Makanya, dia tetap muat 7 orang.

"Konsep ini lahir berdasarkan survei market di Indonesia. Survei market MPV menyatakan minta kendaraan MPV yang tangguh layaknya SUV, sedangkan survei market SUV meminta sebuah kenyamanan," ujarnya.

 

2 of 2

Perbandingan dengan Kompetitor

Memang secara interior ada perubahan mencolok dari segi desain. Bicara interior, Mitsubishi memanfaatkan kombinasi warna hitam dan cokelat. yang menambah kesan mewah nuansa interior.

Untuk dasbor, diberi warna hitam di bagian atas, sementara yang menghadap penumpang ada sapuan warna cokelat. Begitu juga di jok, warna hitam di sisi kiri dan kanan, sedangkan tengah diberi warna cokelat.

Ground clearance New Crossover MPV ini sendiri 225 mm. Buat perbandingan, ground clearance Xpander 205 mm, Toyota Rush 220 mm, Honda BR-V 201 mm, Toyota Avanza 200 mm, Pajero Sport 218 mm.

Crossover ini dipasangkan pelek alloy 17 inci yang berbeda. Sementara karet pembungkus pelek memakai spesifikasi sama dengan varian lainnya dengan lebar 205 dan rasio tinggi 55.

Karena acuannya adalah kenyamanan, lebar kabin 1.480 m, sementara panjangnya 2.900 m. Ini lebih lebar dibandingkan Avanza, BR-V, Rush, dan Ertiga.

"Konsep New Crossover MPV adalah transportasi keluarga atau dapat menampung banyak orang. Sebuah nilai tradisional MPV yang kami tetap pertahankan berdasarkan survei saat kendaraan ini dikembangkan," tambahnya.

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓