Biar Kabin Tetap Nyaman, Begini 4 Cara Menjaga Kebersihan Karpet Mobil

Oleh Arief Aszhari pada 07 Nov 2019, 20:02 WIB

Diperbarui 08 Nov 2019, 15:15 WIB

Ilustrasi karpet mobil (rortizautocatalog)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu faktor yang mendukung kenyamanan saat berkendara, baik pengemudi maupun penumpang adalah kebersihan karpet mobil. Biasanya, setiap mobil sudah dilengkapi dengan karpet dasar, yang jika kondisinya bersih akan menghadirkan udara segar yang terbebas dari debu.

Karpet dasar berperan sebagai pelapis, antara pelat dasar kendaraan dengan ruang kabin. Hampir setiap kendaraan telah dilapisi dengan karpet dasar standar berbahan beludru kasar.

Nah, untuk memudahkan dalam menjaga kebersihan karpet dasar, sebagian konsumen melapisinya dengan menggunakan bahan kulit sintetis, karet, dan Poly Vinyl Chloride (PVC) atau disebut comfor mat.

Berikut 4 cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan karpet dasar, seperti disitat dari laman resmi presroomtoyotaastra.com:

1. Pilih sikat dengan tepat

Sikat memiliki tekstur bulu yang berbeda. Untuk kendaraan yang memiliki karpet dasar berbahan beludru halus sebaiknya gunakan sikat berbulu halus untuk melindungi lapisan beludru agar tetap halus dan lembut.

Sementara, untuk jenis beludru kasar gunakan sikat dengan bulu yang lebih padat serta keras untuk memberikan kemudahan dalam mengangkat debu. Tidak hanya itu, sikat juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada karpet berbahan semi kulit dan karet.

2. Gunakan vacuum cleaner

Hampir setiap karpet memiliki serat yang berbeda, seperti pada bahan beludru dan PVC. Untuk mempermudah perawatan karpet dasar, sebaiknya gunakan vacuum cleaner.

2 of 2

3. Bersihkan dengan sabun dan air

Karpet dasar sebaiknya dibersihkan dengan cara mencuci menggunakan sabun anti bakteri serta air. Bersihkan secara menyeluruh disetiap bagian serta sudut karpet dasar.

Hal tersebut berfungsi untuk menghilangkan debu dan noda yang ada pada karpet dasar.

Karpet dasar sebaiknya juga dijemur hingga kondisi kering secara sempurna untuk menghadirkan interior yang nyaman, bersih, serta wangi.

4. Bersihkan secara berkala

Jaga kebersihan karpet dasar secara berkala setidaknya dua minggu sekali.

Lanjutkan Membaca ↓