Toyota Innova Termurah Minim Fitur, Apa Saja yang Kurang?

Oleh Liputan6.com pada 07 Nov 2019, 13:04 WIB

Diperbarui 07 Nov 2019, 22:15 WIB

20151117-Mengintip Proses Perakitan All New Kijang Innova di Pabrik Toyota TMMIN-Karawang

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Innova G merupakan varian termurah yang masih dibanderol di atas Rp300 juta. Toyota menawarkan pilihan mesin bensin atau diesel yang dipadukan dengan transmisi manual atau otomatis. 

Salah satu alasan tak memilih Kijang Innova varian ini adalah fitur yang dimilikinya. Memang secara desain ia tidak kalah dengan varian lebih tinggi. Innova G tetap memancarkan aura elegan nan mewah, baik eksterior maupun interior. Namun, ada perangkat yang mengusik konsep itu, seperti pengontrol AC. Varian ini masih mengusung model kenop manual, bukan tombol berlayar digital. Jadi terlihat kuno dan terkesan murah.

Kemudian head unit. Berukuran 7 inci, layar sentuh yang diaplikasikan memang mampu mengakomodasi kebutuhan hiburan seluruh penumpang. Tapi, komponen itu minim konektor ke smartphone, hanya berbekal USB, bluetooth dan AUX. Fitur ini sudah lumrah digunakan, bahkan pada mobil yang berbanderol lebih murah dari Innova. Dengan menghubungkan gawai elektronik ke head unit, pengguna tak hanya bisa mengakses hiburan lebih luas, tapi juga membantu dalam melakukan navigasi lewat aplikasi peta yang tersimpan di dalamnya.

Dibanderol Rp 300 jutaan hingga Rp 360 jutaan, Toyota Innova varian G masih memakai kunci model konvensional untuk membuka-menutup pintu dan menyalakan serta mematikan mesin. Paling sederhana, membandingkannya dengan Rush anyar. Dengan harga Rp 240 jutaan, mobil itu sudah punya yang lebih lengkap. Walau memang dari segi prestise berbeda, tapi fungsionalitasnya bakal sangat membantu pengemudi maupun seluruh penumpang.

 

2 of 3

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan juga tak bisa dikatakan luar biasa. Walau ada tiga kantung udara yang terdiri dari dual SRS airbag dan Knee Airbag. Lalu Anti-lock Braking System dan Electronic Brake Distribution sudah terpasang. Namun, perangkat lainnya tak tersedia. Hill Start Assist yang memastikan keamanan saat melewati jalan menanjak tidak dipasang di varian terbawah ini. Kontrol stabilitas juga yang menjaga manuver agar tetap aman juga tidak disematkan. Memang apa yang ditawarkan sudah cukup sesuai kebutuhan. Tapi Anda bisa dapat mobil lain yang peranti keselamatannya lebih komplet dengan harga lebih murah. Tapi, downgrade ke kelas LMPV atau LSUV.

Terakhir immobilizer. Ini paling menarik, karena Innova G tidak punya. Hanya alarm untuk mengantisipasi tindak pencurian diandalkan. Padahal immobilizer sangat efektif sebagai alat antimaling. Miris memang, lantaran mobil dengan kelas berada jauh di bawahnya sudah banyak yang punya. Sementara konsumen baru bisa merasakan fitur itu di varian Innova lebih tinggi dengan selisih banderol yang jauh.

Sumber: Oto.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓