4 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Oleh Liputan6.com pada 06 Nov 2019, 18:36 WIB

Diperbarui 06 Nov 2019, 19:17 WIB

Hujan Deras Sebabkan Banjir di Jalan Raya Cinere

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar wilayah di Indonesia telah memasuki musim penghujan. Turunnya hujan tentunya mempengaruhi beragam aktivitas, salah satunya ketika berkendara.

Berkendara saat hujan membutuhkan tingkat waspada yang lebih tinggi dibanding saat dalam kondisi normal. Selain jalanan yang lebih licin, pandangan pengemudi juga menjadi lebih terbatas.

Karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudi agar dapat tetap aman berkendara meskipun dalam kondisi hujan.

Dilansir laman resmi NTMC Polri, berikut empat tips berkendara aman saat hujan turun:

1. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Layak Jalan

Berkendara saat hujan tentunya akan membuat kendaraan berhadapan dengan berbagai tantangan salah satunya genangan air. Pastikan mobil berada dalam kondisi prima agar tidak mogok saat melibas rintangan saat hujan.

2. Perhatikan Kondisi Ban

Jalanan yang licin membuat potensi kendaraan tergelincir menjadi lebih besar. Karena itu, ada baiknya untuk mengecek kondisi ban apakah masih baik atau sudah gundul. Apabila sudah tidak layak, jangan paksakan untuk berkendara saat hujan.

 

2 of 3

3. Perhatikan kecepatan berkendara

Hujan membuat pandangan pengemudi menjadi lebih terbatas dan jalanan menjadi lebih licin. Berkendara dengan kecepatan yang rendah akan membuat pengemudi lebih mudah mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

4. Jaga Emosi Pengemudi

Emosi pengemudi merupakan salah satu hal yang perlu dijaga saat berkendara di bawah hujan.

Apabila pengemudi berada dalam kondisi emosi yang tidak terjaga, cara berkendara akan menjadi tidak terkontrol dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Berkendara di jalan licin membutuhkan konsentrasi, fokus, dan keahlian mengantisipasi situasi darurat yang baik.

Penulis: Khema Aryaputra

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓