Sukses

Sering Terabaikan, Begini Cara Merawat Door Trim Supaya Awet

Salah satu komponen yang jarang diperhatikan, adalah door trim. Padahal, komponen tersebut memilki nilai yang cukup penting

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen yang jarang diperhatikan, adalah door trim. Padahal, komponen tersebut memilki nilai yang cukup penting serta jika dirawat dengan benar, akan memiliki tampilan yang enak dilihat mata pengemudi maupun penumpang mobil.

Selain itu, jika jarang dirawat, door trim juga bisa mengalami keausan akibat pemakaian. Untuk memperpanjang umur pemakaian dan selalu terlihat apik, door trim harus selalu dibersihkan secara berkala.

Langkah pertama untuk merawat door trim, adalah mulai membersihkan kotoran menggunakan vacuum cleaner. Langkah ini sekaligus untuk memeriksa kondisi door trim. Apakah ada bagian yang rusak dan harus diganti, misalnya pengancing yang kendur.

Selanjutnya, door trim yang menggunakan lapisan vinyl disarankan memakai pembersih khusus vinyl dan kain lembut. Jika ada area yang kotor di celah panel, gunakan sikat berbulu nilon lembut disertai pembersih. Sementara untuk permukaan yang terbuka cukup gunakan kain lembut.

Hindari menggunakan bahan kimia yang keras seperti cairan pemutih atau pelarut. Efeknya bisa memudarkan warna dan merusak permukaan panel.

Begitu pula alat pembersih yang bersifat abrasif bisa menggores permukaan panel, membuat aus atau bahkan menciptakan lubang yang bisa dimasuki kotoran.

Bila door trim mobil menggunakan pelapis kain (fabric) umumnya lebih mudah kotor, karena bahan kain yang mudah menyimpan partikel keras serta debu. Gunakan cairan pembersih, kain dan sikat nilon lembut.

Sebelum mulai membersihkan seluruh area berbahan kain, coba dahulu di bagian panel tersembunyi. Jika ada perubahan warna, segera ganti cairan pembersih.

Untuk noda membandel bisa dilakukan pembersihan berulang kali. Sama seperti lapisan vinyl, bahan fabric juga harus dihindarkan dari cairan kimia keras dan sikat besi karena bisa merusak serat kain.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Door trim kulit

Jenis lainnya adalah door trim dengan lapisan kulit seperti pada Toyota Alphard, adalah bahan paling mudah dibersihkan.

Rawat minimal dua kali setahun dengan cairan pembersih kulit dan kain katun. Beberapa cairan pembersih untuk kulit juga telah mengandung pelindung dari sinar ultraviolet.

Bubuhkan cairan pembersih ke kain dan lakukan gerakan memutar untuk membersihkannya. Untuk noda membandel lakukan proses ini beberapa kali hingga tidak terlihat.

Setelah seluruh panel dibersihkan, tunggu beberapa menit lalu gosok dengan kain katun bersih. Untuk penyempurnaan bisa menggunakan conditioner khusus kulit yang dapat memperpanjang usia, penampilan dan kelembutan kulit.

Terakhir, pada door trim pengemudi ada lebih banyak tombol-tombol yang bisa menjadi sarang kotoran dan debu. Untuk membersihkannya bisa menggunakan vacuum cleaner dan sikat bulu yang lembut untuk mengeluarkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.