Sukses

Keren, Penemuan Ini Mampu Atasi Blind Spot pada Pilar A Mobil

Blind spots atau titik buta merupakan area di sekitar kendaraan yang tidak dapat terlihat oleh pengemudi.

Liputan6.com, Jakarta - Blind spot atau titik buta merupakan area di sekitar kendaraan yang tidak dapat terlihat oleh pengemudi. Hal ini bisa disebabkan jangkauan kaca spion yang terbatas atau bagian bodi mobil yang menutupi pandangan.

Apabila tidak waspada, blind spots dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Salah satu bagian mobil yang dapat menimbulkan blind spots adalah rangka pilar A.

Bagian ini dapat membatasi pandangan pengemudi di area kanan dan kiri pada sisi depan kendaraan.  Akibatnya, objek yang melintas seperti pejalan kaki, dalam beberapa kondisi bisa saja tidak terlihat.

Menyadari permasalahan ini, seorang gadis remaja bernama Aliana Gassler membuat sebuah solusi yang inovatif.

Dilansir motor1, gadis asal Pennsylvania, Amerika Serikat tersebut membuat pilar A pada mobil yang sebelumnya menutupi pandangan menjadi seakan tembus pandang.

Teknologi ini dibuat dengan meletakkan kamera di sisi luar pilar A untuk menangkap pemandangan lingkungan sekitar.

Gambar yang didapat lalu ditayangkan melalui proyektor yang berada di atas kursi pengemudi ke pilar A yang telah dilapisi bahan retro reflective fabric.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan

Dengan teknologi ini, pilar A menjadi layar yang menyatu dengan pemandangan yang dilihat pengemudi pada kaca depan dan kaca pintu.

Pemandangan yang sebelumnya terhalang pilar A kini dapat terlihat melalui proyeksi yang ditampilkan.

Atas penemuannya , gadis 14 tahun itu diganjar peringkat teratas dalam kompetisi Broadcom Math, Applied Science, Technology, and Engineering for Rising Stars (MASTERS) dan mendapatkan hadiah sebesar Rp 350 juta.

Penulis: Khema Aryaputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.