Sukses

Parah, Toyota Innova Crysta Menteri Kerala 34 Kali Ganti Ban dalam 2,5 Tahun

Saat mengganti ban yang tepat adalah ketika kembangan ban sudah aus yang terlihat dari indikator yang ada. Atau maksimal penggunaan selama sepuluh tahun bila tidak ada indikasi ban aus atau retak.

Liputan6.com, Jakarta Saat mengganti ban yang tepat adalah ketika kembangan ban sudah aus yang terlihat dari indikator yang ada. Atau maksimal penggunaan selama sepuluh tahun bila tidak ada indikasi ban aus atau retak.

Namun belum lama tersiar kabar ada kejadian yang mengejutkan tentang penggantian ban. Melansir Cartoq, ban mobil Toyota Innova Crysta milik Kerala Power Minister, MM Mani, diganti sebanyak 34 kali dalam 30 bulan atau 2,5 tahun.

Fakta itu diketahui setelah Right to Information (RTI) membuka data seorang insinyur perangkat lunak dari Kochi. Biaya penggantian ban MM Mani sebesar INR 340.000 atau Rp67,2 jutaan (Kurs INR 1 = Rp 197).

Menurut sebuah pernyataan di akun Facebook resmi menteri di negara bagian India, ternyata mobilnya sudah menempuh jarak lebih dari 124.000 kilometer, selama waktu tersebut. Toyota Innova Crysta itu kerap dipakai melibas jalanan perbukitan dengan kecepatan tinggi.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Tanggung Jawan Sang Menteri

Mani menambahkan, bahwa seorang menteri atau staf tidak memiliki peran dalam penggantian ban kendaraan. Penanggungjawabnya adalah departemen pariwisata.

Selain Mani, mobil dinas Menteri Kehutanan K Raju juga mendapatkan penggantian ban sebanyak 19 kali. Penggantian ban itu disebut dalam 5 kesempatan berbeda agar mobil layak dipakai.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.