Sukses

Berkenalan dengan Kei Car, Mobil Mungil Andalan Pabrikan Jepang

Ada beberapa spesifikasi khusus untuk kei car. Salah satunya, mesin mobil kecil ini maksimal 660cc. Jadi, banyak kei car yang hanya memiliki mesin 658 cc saja

Liputan6.com, Tokyo - Jika berbicara mobil yang banyak beredar di Jepang, salah satu jawabannya adalah jenis kei car. Hampir semua pabrikan mobil asal Negeri Matahari Terbit memiliki mobil kecil ini, karena memang masih populer dan penjualannya cukup tinggi.

Laris manisnya penjualan kei car di Jepang memang didukung beberapa peraturan dari pemerintah, seperti pajak yang lebih kecil, tarif penggunaan tol dan parkir yang lebih murah, serta faktor pendukung geografis lainnya, seperti kondisi jalan dan parkir yang sempit.

"Kei car memang banyak digunakan dalam kota, hanya untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Sebenarnya, spesifikasi kei car juga bisa digunakan untuk perjalanan jauh atau ke luar kota," jelas Ei Mochizuki, GM Strategic Planning Departement PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ditemui Liputan6.com, Hamamatsu, Jepang, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dengan peraturan pemerintah yang ada, memang ada beberapa spesifikasi khusus untuk kei car. Salah satunya, mesin mobil kecil ini maksimal 660cc. Jadi, banyak kei car yang hanya memiliki mesin 658 cc saja.

Selain itu, dimensi juga diatur, meskipun banyak kei car dari berbagai model dan merek memang seperti memiliki dimensi yang mungil.

Untuk panjangnya, maksimal 3,4 meter, lebar 1,48 meter, dan tinggi 2 meter. Dengan dimensi tersebut, banyak desain kei car yang memang lebih mengotak atau boxy.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Multifungsi

Tidak hanya itu, kei car ini juga harus multifungsional. Dengan dimensi yang kecil, mobil ini wajib memiliki kabin dan bagasi yang luas.

Sebagai contoh, untuk bagasi kei car, harus bisa dilipat joknya hingga bangku depan, agar setidaknya bisa mengangkut sepeda.

Tidak hanya itu, mobil ini juga harus dilengkapi fitur yang lengkap, karena mobil kecil ini mementingkan fungsional. Fitur cruise control nyaris ada di semua kei car, lalu sistem entertainment yang mumpuni, serta kompartemen yang cukup banyak.

Sebagai informasi, penjualan kei car saat ini juga masih cukup menarik, dengan total penjualan mobil di Jepang tahun lalu, dari 5.260.000 unit yang terjual, kei car berhasil dikirim 1.923.000 unit dan seluruh segmen lain 3.337.000 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.