Sukses

Mengenal Toyota LQ, Mobil Masa Depan yang Memiliki Hati

Toyota LQ memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) bernama "YUI" yang bisa membangun perasaan emosional yang sama seperti halnya saat pengguna mengemudikan langsung mobilnya, meski mobil ini beroperasi secara otonom.

Liputan6.com, Jakarta Mobil berteknologi autonomous nampaknya telah dilirik pabrikan otomotif dan gencar diperkenalan sebagai teknologi berkendara masa depan. Teknologi swakemudi ternyata mendapat sambutan cukup baik oleh para pecinta otomotif.

Hal tersebut mendorong Toyota untuk melahirkan mobil konsep terbarunya yang dberi nama Toyota LQ. Uniknya tak hanya sekadar bersistem kemudi autonomous alias dapat beroperasi dengan aman dan nyaman tanpa bantuan manusia, namun mobil ini juga dapat menciptakan hubungan dengan pengemudinya.

Hal itu dimungkinkan karena Toyota LQ memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) bernama "YUI" yang bisa membangun perasaan emosional yang sama seperti halnya saat pengguna mengemudikan langsung mobilnya, meski mobil ini beroperasi secara otonom.

Lewat Yui, pengemudi LQ Concept bisa berkomunikasi dengan mobil itu sendiri. Saat hendak melakukan pengaturan pada beberapa sistemnya, pengemudi hanya cukup melakukan perintah suara.

 “Dalam sebuah era yang terfokus pada angka penjualan, produktivitas menjadi hal terpenting. Yang kita butuhkan sebelumnya adalah iQ. Berikutnya adalah era indera emosional . Yang kita butuhkan kemudian adalah eQ,” kata Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation.

Toyota LQ merupakan konsep turunan dari Toyota Concept-i yang dikembangkan dengan konsep “Learn, Grow, Love”, yang memungkinkan pengguna dan mobil dapat berinteraksi lewat suara demi menjaga suasana kabin agar sesuai dengan mood pengemudi.

Kode nama LQ sendiri berasal dari singkatan L yang adalah Love, lalu Q dari kata Cue yang berarti isyarat atau keadaan hati.

Fitur sistem mengemudi otonom level 4 yang terdapat pada mobil ini pun seolah menegaskan bahwa mobil ini memang dilengkapi dengan fitur canggih yang sangat futuristik,yang mana fitur tersebut memungkinkan mobil untuk mencari tempat parkirnya sendiri. Augmented Reality Head Up Display (ARHUD) dalam memberikan informasi lengkap kepada pengemudi, yang sekaligus mengurangi pergerakan mata saat mengemudi.

Fitur pendukung kenyamanan lainnya seperti fitur pijat dan sistem pendingin yang terdapat pada setiap kursi LQ Concept akan membuat pengemudi betah berlama-lama di mobil ini. Bahkan, demi memberikan rasa aman, setiap kursi mobil ini juga dilengkapi dengan airbag.

Tak hanya sekadar tampilan fisik yang merepresentasikan masa depan, Toyota LQ juga amat ramah lingkungan berkat diaplikasikannya coating katalis khusus yang  dapat mengurai gas ozon menjadi oksigen melalui kipas radiator. Hebatnya, berdasarkan penelitian tim Toyota menjalankan moil ini selama satu jam mampu mempurifikasi 60 persen ozon dari 1.000 liter udara.

Penasaran dengan kecanggihan mobil masa depan ini? Rencananya, Toyota LQ Concept akan diperkenalkan pertama kali pada ajang Tokyo Motor Show 2019.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini