6 Cara Mudah Merawat Aki Mobil agar Berumur Panjang

Oleh Liputan6.com pada 29 Okt 2019, 06:05 WIB
Diperbarui 30 Okt 2019, 18:13 WIB
Aki Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Aki merupakan komponen yang sangat penting dalam hal memenuhi kebutuhan listrik pada mobil. Kondisi aki yang tidak prima dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya membuat mobil sulit untuk dihidupkan.

Karena itu, sangat penting bagi pengendara secara rutin mengecek kondisi aki. Dilansir Auto2000, berikut enam cara mudah merawat aki mobil agar bisa tahan lama.

1. Matikan Komponen Kelistrikan Ketika Mesin Mati

Saat mesin mati, upayakan untuk tidak menyalakan komponen yang berhubungan dengan kelistrikan seperti lampu, radio, dan lain sebagainya. Dengan melakukan hal ini muatan listrik aki tidak akan berkurang sehingga dapat memenuhi kebutuhan sistem starter saat dihidupkan kembali.

2. Rajin Panaskan Kendaraan

Untuk menjaga kesehatan aki, mobil perlu untuk dipanaskan secara rutin. Hal ini dilakukan agar muatan listrik bisa tetap terjaga. Apabila mobil tidak dipanaskan dalam waktu cukup lama, maka persediaan listrik dalam aki akan habis sehingga berpotensi sulit dihidupkan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

2 of 3

3.Periksa Level Air Aki

Air aki harus diperhatikan agar berada dalam jumlah yang cukup. Pastikan bahwa air aki ada di antara level atas dan bawah. Jika sampai habis, maka aki bisa mengalami kerusakan.

4. Periksa Terminal Aki

Kondisi terminal aki yang berkarat dan mengendur dapat menyebabkan aliran listrik tidak sempurna bahkan dapat meledak.

 

3 of 3

5.Periksa Pengikat Aki

Pengikat aki perlu diperiksa agar tidak mudah bergeser. Pastikan aki diikat dengan kuat.

6.Rajin Memeriksa Kebocoran Aki

Terakhir, upayakan untuk rajin memeriksa kondisi aki agar tidak sampai bocor. Apabila terdapat kebocoran, segera keringkan dan bersihkan area tersebut. Jika sudah terlalu parah maka akan lebih baik untuk mengganti aki dengan yang baru.

Penulis: Khema Aryaputra

Lanjutkan Membaca ↓