Kurangi Polusi, Anies Dorong Penggunaan Mobil Listrik

Oleh Dian Tami Kosasih pada 28 Okt 2019, 12:03 WIB
Diperbarui 30 Okt 2019, 06:13 WIB
Anies Pimpin Karnaval Kendaraan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik dan sepeda dinilai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta mendorong warga untuk beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik.

"Kita menyadari banyak tantangan mengenai kualitas udara, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah mendorong menggunakan kendaraan yang tidak menimbulkan polusi atau bebas emisi," kata Anies saat menghadiri acara Karnaval Jakarta Langit Biru di Bundaran Senayan, Jakarta.

Anies menambahkan, pembangunan jalur khusus sepeda menjadi sebagai salah satu langkah untuk mendukung penggunaan kendaraan bebas emisi dan mengurangi polusi udara.

Sementara, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (IUD) Jakarta Raya, Ikhsan Asaad mengatakan, tujuan karnaval tersebut adalah mempromosikan kendaraan listrik kepada masyarakat Jakarta.

"Salah satu tujuannya adalah bagaimana memasyarakatkan atau memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat sehingga kita mengharapkan ke depan makin banyak lagi pengguna kendaraan listrik di Jakarta," kata Ikhsan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

2 of 3

PLN Beri Diskon 100 Persen Tambah Daya Pemilik Mobil Listrik

PT PLN Distribusi Jakarta Raya‎ memberikan berbagai diskon penambahan daya bagi para pelanggannya yang memiliki kendaraan listrik, baik motor listrik ataupun mobil listrik. Diskon ini diberikan dengan besaran yang bervariatif.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Dita Artsana mengatakan program ini diberikan karena kendaraan listrik bisa isi ulang daya dari listrik rumahan tanpa harus memasang alat tambahan.

"Bisa (diisi di rumah), biasanya beli mobil listrik dapat charging jadi bisa langsung charge," kata Dita.

Mengenai diskon penambahan daya, dikatakan Dita, diberikan mulai dari daya 220 VA sampai dengan 197 kVA. ‎ ‎

Terdapat tiga kategori diskon yaitu 50 persen, 75 persen, dan 100 persen. Adapun rincian diskonnya yaitu 50 persen bagi semua pelanggan PLN yang melakukan penambahan daya pada 1 Maret 2019 - 30 April 2019.

Penambahan daya bisa dilakukan dengan mendaftar di Contact Center 123, PLN Mobile, Website www.pln.co.id, maupun di kantor PLN terdekat.

Sementara untuk diskon 75 persen, diberikan kepada pelanggan PLN yang memiliki kompor listrik atau motor listrik. Berlaku 1 Maret 2019 - 31 Desember 2019. Caranya, pelanggan bisa mendaftar di kantor PLN terdekat dengan membawa bukti kepemilikan atau pembelian kompor ataupun motor listrik.

Sedangkan diskon 100 persen, diberikan kepada pelanggan PLN yang mempunyai mobil listrik. Berlaku 1 Maret 2019 - 31 Desember 2019. Cara mendaftarnya dengan mengunjungi kantor PLN terdekat dengan membawa bukti kepemilikan atau pembelian mobil listrik.

"M‎otor listrik diskon Tambah daya 75 persen. Mobil Listrik diskon 100 persen," tandasnya.   

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by