Sukses

Honda Freed 2020 Kena Virus Crossover

MPV bergaya pintu geser seperti Honda Freed atau Toyota Sienta kurang berjaya di Indonesia. Namun, di Jepang, MPV seperti ini masih cukup diminati dan mendapatkan penyegaran dari waktu ke waktu.

Liputan6.com, Jakarta - MPV bergaya pintu geser seperti Honda Freed atau Toyota Sienta kurang berjaya di Indonesia. Namun, di Jepang, MPV seperti ini masih cukup diminati dan mendapatkan penyegaran dari waktu ke waktu.

Sang model generasi Freed kedua, baru saja menerima penyegaran besar. Unit ditawarkan dalam tatanan lima tempat duduk, enam dan tujuh kursi standar. Tipe tertinggi bahkan bergaya crossover.

Pembaruan tergolong lumayan banyak dibanding model lawas. Dibanding Honda Jazz/Fit terbaru, ia terlihat lebih garang. Renovasi fascia depan lumayan mencolok. Grille "Solid Wing Face" yang menghubungkan ujung lampu depan dibikin susut dan berlabur cat hitam. Bumper hitam depan diracik ulang dengan sisipan garis horizontal di tiap sudut. Paras tidak melandai, lazimnya sebuah MPV. Melainkan cenderung tegak mengikuti gaya crossover.

Varian Crosstar, jadi model papan atas Honda Freed. Lengkap dengan sentuhan aksen kromium eksterior, lapisan plastik hitam, lampu kabut LED, rel atap, pelek alloy dua warna 16 inci, skid plate perak dan rumah cermin senada gagang pintu. Sementara di belakang, bumper memakai tarikan garis sudut membentuk huruf L.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Mesin

Di kabin, Freed termahal mendapatkan revisi pola kursi, kain dan potongan trim dekoratif. Bertampilan walnut untuk varian standar dan kayu lapis (wood panel) untuk Crosstar. Dari segi keamanan, rangkaian penginderaan Honda Sensing diberikan. Berfungsi sebagai sistem bantuan pengemudi. Termasuk pengereman darurat otomatis, adaptif cruise control dan lane keep assist sekarang menjadi standar di seluruh jajaran. Yang paling penting, sistem pencegahan kesalahan penggunaan pedal kini diberikan pula.

Honda tak luput memberi fitur kontrol downshift, sebagai langkah yang membantu pengereman (engine brake) saat Freed melintas di lereng gunung. Ia bekerja ketika pedal rem ditekan di titik tertentu, yang makin meningkatkan keselamatan. Kemudian opsi engine tetap identik, jantung pacu bensin L15B 1,5-silinder empat-silinder I-VTEC. Mesin menghasilkan tenaga 132 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 155 Nm pada 4.600 rpm. Itu dipasangkan dengan transmisi CVT, berpenggarak depan (FD) atau opsi all wheel drive (AWD).

3 dari 3 halaman

Hybrid

Lalu tipe hybrid mengandalkan mesin i-VTEC siklus atkinson 1,5 liter yang menyuplai output 110 PS/134 Nm. Berpadu dengan motor listrik dan transmisi kopling ganda tujuh percepatan, resultan pembakaran menghasilkan besaran 137 PS dan 170 Nm. Efisiensi ditekankan di sini. Freed anyar diklaim cuma minum bahan bakar 20,8 km per liter dalam metode WLTP. Di Jepang, konsumen mendapat pilihan warna baru, termasuk Premium Crystal Orange Metallic II, Silver Mist Green, Platinum White Pearl, Super Platinum Grey dan Midnight Blue Beam.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.