Sukses

Simulator Bus Hino Beri Edukasi Cara Tepat Mengendarai Bus

Di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang digelar di Tokyo Big Sight, Jepang, produsen truk dan bus niaga komersial Hino, memberi kesempatan bagi para pengunjung untuk menjajal sensasi mengendarai truk.

Liputan6.com, Tokyo - Di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang digelar di Tokyo Big Sight, Jepang, produsen truk dan bus niaga komersial Hino, memberi kesempatan bagi para pengunjung untuk menjajal sensasi mengendarai truk.

Bukan melalui sistem test drive, Hino justru memboyong simulator untuk digunakan oleh pengunjung booth mereka. Simulator tersebut terpampang di area muka booth dan menarik untuk dilihat.

Liputan6.com sempat menjajal simulator canggih tersebut. Posisi kemudi diatur sesuai dengan ukuran bus Hino versi sedang. Sementara piranti di dashboard simulator juga dibuat sama dengan bus Hino pada umumnya.

Tak cuma mengetahui bagaimana sopir bus berkendara. Simulator tersebut juga memberitahukan fitur yang tersemat dalam bus bernama Hino Selega, yakni Emergency Driving Stop System.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilengkapi Sensor Canggih

Di bus tersebut, Hino membenamkan sensor yang dapat mendeteksi masalah pada sopir, terutama menyangkut pemberhentian darurat. Di depan dashboard, ada sensor yang dipasang untuk mengetahui kesalahan postur pengemudi saat menyetir, orientasi wajah dan mata yang mengantuk.

Bus akan secara otomatis terhenti jika sensor menangkap gambaran wajah pengemudi bus yang tak sesuai standar pelayanan.

 

3 dari 3 halaman

Melibatkan Penumpang

Hino juga memasang sebuah switch control di area penumpang manakala mengetahui pengemudi sedang dalam kondisi bermasalah saat berkendara. Jika switch control ditekan, bus akan langsung berhenti secara mendadak.

"Keamanan merupakan tanggung jawab dari setiap pabrikan otomotif komersial di dunia," begitu tagline yang tertulis saat pengunjung selesai menjajal simulator bus Hino. (Hernowo Anggie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini