Mengenal Sosok Profia Hybrid, Truk Hino dengan Artificial Intelligence

Oleh Liputan6.com pada 23 Okt 2019, 14:03 WIB
Diperbarui 23 Okt 2019, 14:03 WIB
Truk Hino Profia Hybrid

Liputan6.com, Tokyo - Selain teknologi truk listrik Flat Former, ada hal menarik lain yang menyita perhatian di booth milik Hino di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang berlangsung di Tokyo Big Sight, Jepang, Rabu (23/10/2019).

Dalam acara tersebut, Hino juga menampilkan truk canggih bernama Profia Hybrid. Disebut canggih, lantaran truk berkelir putih tersebut mengadopsi teknologi artificial intelligence (AI).

Hiroyuki Omori selaku General Manager Hino Motors Ltd Jepang, menjelaskan teknologi AI yang disematkan dalam truk yang masuk dalam kategori heavy duty truck (HDT) ini.

"Teknologi AI bisa melakukan kontrol lebih terhadap sistem hibrida di truk tersebut lebih maksimal," kata Hiroyuki Omori kepada Liputan6.com di lokasi acara.

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 2 halaman

Teknologi AI

Tidak hanya itu, disebutkan dia, teknologi AI pada Profia Hybrid juga sanggup menghitung beban pengemudi dengan optimal.

"Pengemudi akan lebih stabil dalam berkendara karena bobot (kendaraan) bisa diprediksi," dia menambahkan.

Dari katalog yang terpampang di area booth, Hino Profia Hybrid dipasangi mesin diesel konvensional A09C dengan kapasitas 8.866 cc. Untuk dimensi, Profia Hybrid punya panjang 1.990 mm, lebar 2.490 mm dan tinggi 3.772 mm.

"Profia Hybrid memperlihatkan bagaimana sebuah truk tak cuma memiliki kecanggihan, namun juga sistemnya yang memudahkan. Sesuai dengan tema kami, Transporting Every Happiness," Hiroyuki Omuri memungkasi. (Hernowo Anggie)

Lanjutkan Membaca ↓