Ini Helm yang Cocok Dipakai Saat Musim Hujan

Oleh Dian Tami Kosasih pada 18 Okt 2019, 17:10 WIB
20160212-Banjir-Depok-Yoppy-Renato

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi perangkat wajib untuk pengendara sepeda motor, helm harus selalu diperhatikan dan dijaga kualitasnya. Memiliki fungsi penting, helm yang baik seharusnya mampu memberikan perlindungan maksimal saat mengalami benturan apabila terjadi kecelakaan.

Saat memasuki musim penghujan, pengendara motor dihimbau lebih ekstra hati hati saat berkendara. Hal tersebut tak terlepas dari jarak pandang yang lebih terbatas dan jalan licin usai diguyur hujan.

Tak hanya itu, pemilihan helm saat musim hujan juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting atau JDDC, Jusri Pulubuhu mengatakan, saat ini terdapat dua jenis helm yang banyak digunakan pemotor untuk aktifitas sehari-hari.

"Saat ini terdapat helm full-face dan half-face yang banyak digunakan. Pandangan terbatas adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan saat musim hujan, sehingga pemilihan helm yang nyaman sangat penting," katanya, Jumat (18/10/2019).

Saat disinggung helm tipe apa yang lebih aman dan nyaman digunakan saat musim hujan, Justri menyarankan helm full-face. Tak hanya saat hujan, helm full-face dinilai lebih ideal digunakan saat berkendara.

"Helm yang ideal itu tentu saja full-face. Kalau bicara minimum harus gunakan half-face. Jangan sampai tidak gunakan helm sama sekali. Kaca pada helm juga harus diperhatikan agar nyaman berkendara saat hujan," ujarnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 2

Kenali Jenis-Jenis Helm, Biar Tampil Keren dan Tetap Aman

Saat ini terdapat beragam jenis helm yang bisa dimiliki. Tak hanya full face dan half face, berikut 4 jenis helm untuk pengendara motor.

1. Helm Full Face

Jenis ini adalah helm yang melindungi seluruh bagian kepala. Model ini juga digunakan dalam ajang balap sepeda motor MotoGP.

Dari segi tampilan helm ini sangat cocok untuk pengendara sepeda motor jarak jauh karena sangat aman dan nyaman.

2. Helm Half FaceHelm jenis half-face atau open face merupakan pelindung kepala yang banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor di Indonesia.

Helm tipe ini merupakan helm yang memiliki banyak fungsi karena bisa digunakan untuk berkendara jarak jauh maupun dekat.

Dari segi tampilan helm ini juga tak kalah keren dari jenis full-face. Dari sisi harga, helm ini juga relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya.

3. Helm Motocross

Sesuai namanya, helm motocross merupakan pelindung kepala yang banyak digunakan pengendara moto trail. Meski demikian, beberapa tahun belakangan, helm ini cukup populer untuk digunakan jenis motor lainnya.

Memiliki karakteristik seperti full-face, perbedaan terlihat dari bentuk helm ini. Didesain dengan sangat aman, bagian depannya dibuat lebih panjang.

4. Helm Kustom

Helm tipe kustom sangat digemari oleh beberapa kalangan terlebih bagi pengendara motor yang memiliki hobi di aliran motor tertentu.

Beberapa pabrikan helm terkenal juga menjadi sistem kustom menjadi produk yang dijual dan telah lolos uji keamanan.

Lanjutkan Membaca ↓