Digelar Minggu Depan, Ini yang Baru dari Indonesia Diecast Expo

Oleh Dian Tami Kosasih pada 17 Okt 2019, 14:11 WIB
Pameran diecast terbesar di Tanah Air, Indonesia Diecast Expo (IDE) siap diselenggarakan, 26-27 Oktober 2019 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran diecast terbesar di Tanah Air, Indonesia Diecast Expo (IDE) siap diselenggarakan, 26-27 Oktober 2019 mendatang. Berlangsung di Hall 3A, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, acara ini tak hanya dimeriahkan desainer diecast lokal, namun juga mancanegara.

Feldani Effendy selaku Public Relations IDE 2019 menyampaikan, memasuki tahun ke enam penyelenggaraan IDE, adanya pertumbuhan dari berbagai sektor, mulai dari nilai transaksi hingga jumlah pengunjung yang hadir.

“Sejak pertama kali diselengarakan pada 2014, total transaksi yang terjadi terus menunjukkan trend yang meningkat. Selain itu jumlah pengunjung setiap tahunnya juga selalu mengalami peningkatan, mulai dari 10.742 pengunjung di 2014 hingga 13.335 orang pengunjung di tahun 2018," terangnya dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

Mengusung tema 'Amazing', IDE 2019 diharapkan mampu bertransformasi dan menjadi gelaran yang menyasar pangsa pasar lebih luas. Selain itu, gambar miniatur mobil dan pesawat pada logo menandakan, diecast tidak terbatas pada miniatur mobil.

"Tahun ini kami pastikan para pecinta diecast Indonesia akan mendapatkan pengalaman yang lebih seru di IDE 2019 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujar Feldani.

Tak sekedar menampilkan koleksi diecast, acara IDE tahun ini juga akan menampilkan mobil skala 1:1, lomba balap diecast, lomba kustom diecast dengan diecaster internasional.

"Bahkan kegiatan makan malam ekslusif kemungkinan bisa menjadi langkah awal untuk menghadirkan ajang bergengsi tingkat dunia yaitu Hotwheels Collector Convention di Indonesia,” tuturnya.

2 of 2

Donasi

Tahun ini, terdapat pula customized Hot Wheels 1990 Honda Civic EF, Volkswagen Drag Bus, Nissan Skyline 2000 GT-R, dan Morris Mini.

"Karena pada beberapa event car dengan nomor cantik, bagian detail kustomnya betul-betul dibuat secara khusus dan handmade oleh salah seorang customizer diecast terkemuka di Indonesia. Hal ini jelas memberikan nilai investasi istimewa bagi mereka yang beruntung dapat memilikinya," ujar Feldani.

Ajang IDE 2019 juga menjadi ajang kolaborasi dengan beberapa pihak, seperti Indonesia Modification Expo (IMX), Pasar Jongkok Otomotif (Parjo), Jakarta Diecast Project, Indonesia Diecast Content Creator, The Elite Showcase, Garasi Drift, Jakarta Sneakers Day dan Dinggo Company.

Sebagai sebuah tradisi, IDE 2019 juga akan mengumpulkan donasi dari para kolektor, komunitas, dan pengunjung yang hadir. Jumlah yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditunjuk pihak penyelenggara.

Lanjutkan Membaca ↓