Begini Cara Honda Menjaring Mekanik Paling Andal di Indonesia

Oleh Dian Tami Kosasih pada 16 Okt 2019, 17:30 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar kompetisi 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019

Liputan6.com, Jakarta PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar kompetisi 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 untuk menguji keterampilan siswa serta guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mitra binaannya.

Melalui kompetisi ini, AHM mengaku ingin melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang siap berkontribusi memajukan pendidikan vokasi sekaligus siap berkompetisi di dunia industri.

Bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer Honda di 34 provinsi di Indonesia, kompetisi tahun ini mengusung tema 'Satu Hati Wujudkan SDM Unggul'. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kompetisi yang telah diselenggarakan selama satu dekade ini diikuti 23.371 siswa dan 422 guru dari 686 SMK.

Saat awal pemilihan, para peserta harus mengikuti uji kompetensi mulai dari tingkat sekolah, berlanjut ke jenjang regional yang diadakan oleh main dealer sepeda motor Honda pada periode Januari-Agustus 2019.

Puncaknya, sebanyak 40 siswa terbaik dan 27 guru terbaik yang merupakan perwakilan dari 27 main dealer sepeda motor Honda berkompetisi di tingkat nasional yang diadakan oleh AHM pada 14-17 Oktober 2019 di Jakarta.

"Kami sudah mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda di SMK mitra binaan dan kompetisi ini kami harapkan bisa menjadi sarana mengalibrasi penguasaan para guru dan siswa SMK terhadap materi yang kami sampaikan," kata General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin di Jakarta.

Tahap penilaian pada kontes ini terdiri dari pengujian secara tertulis dan praktik. Pada ujian tertulis, peserta diuji pengetahuan para siswa dan guru terkait teknologi teranyar sepeda motor Honda.

Selain itu, para peserta juga diuji secara praktik untuk keterampilan menganalisa teknik permasalahan terkait mesin, rangka, kelistrikan, serta troubleshooting sepeda motor Honda. Khusus untuk kompetisi yang diikuti oleh guru, ada materi uji kompetensi pedagogik yang menjadi salah satu materi penilaian saat kompetisi.

"Harapan kami dengan program ini akan lahir SDM unggul yang berdaya saing, baik untuk bekerja di industri atau menjadi wirausaha mandiri,” ujar Ahmad Muhibbuddin.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 3

Beasiswa 3 Tahun

Tiga jawara terbaik dari kategori siswa yang keluar sebagai pemenang kontes 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 berhak mendapat apresiasi dari AHM yaitu beasiswa pendidikan.

Siswa terbaik pertama, akan mendapatkan beasiswa kuliah dan tambahan subsidi biaya hidup selama 3 tahun serta beasiswa pendidikan senilai Rp8 juta. Siswa terbaik kedua dan ketiga masing-masing akan mendapatkan beasiswa pendidikan senilai Rp5 juta dan Rp3 juta.

Para finalis kontes juga mendapat apresiasi beasiswa pendidikan senilai Rp1 juta. Sementara itu, untuk kategori guru, peserta terbaik pertama akan mendapat uang tunai Rp8 juta. Guru terbaik kedua dan ketiga akan mendapatkan apresiasi Rp 5juta dan Rp 3juta.

Untuk SMK yang berhasil mengantarkan siswanya meraih prestasi terbaik pada kompetisi ini juga mendapat hadiah khusus, yakni Honda PCX CBS untuk juara 1, Honda CB150R untuk juara 2, serta Honda Vario150 untuk juara 3.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓