Pengalaman Saja Tak Cukup Jadi Modal untuk Kendarai Moge

Oleh Liputan6.com pada 16 Okt 2019, 19:22 WIB
9-naik-moge-aman-131223c.jpg

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemula yang tanpa bekal pengalaman dan tidak memahami karakter moge bisa fatal jadinya jika memaksakan diri menggeber motor berkapasitas cc besar, seperti Harley Davidson.

Meskipun terbiasa mengunakan roda dua dalam keseharian, mengendarai motor besar bukanlah perkara mudah. Di samping bobotnya yang mencapai 200 kg bahkan lebih, serta tenaga yang besar, maka butuh kemampuan ekstra untuk mengendarainya, terlebih berkendara di kota yang padat.

Bahkan yang terbiasa mengendarai moge pun banyak yang belum paham sepenuhnya bagaimana membesut motor besar yang benar di jalan raya.

"Biar bagaimanapun keterampilan dalam berkendara itu perlu, terutama untuk pemula. Walau mungkin sudah sering berkendara dengan motor lain, dengan Harley-Davidson ada sedikit perbedaan karakter. Misalnya dari bobot sudah pasti beda," kata Suherli, Director HOG Anak Elang Jakarta Chapter.

Menurutnya, biker senior bukan berarti mahir 100 persen. Biker berpengalaman pun tetap harus mengasah kemampuannya menaklukkan Harley dalam situasi lalu lintas jalan dan medan berbeda.

"Walau sudah sering touring, namun dalam sisi skill serta pengetahuan tentang safety perlu update atau disegarkan. Di sini termasuk ada pelajaran tentang peraturan lalu lintas,"

Jadi pengalaman saja tidak cukup, ada hal-hal lain yang harus tetap dipelajari dan dipahami terus menerus, supaya dalam praktiknya tidak lupa dan tidak mengulang kesalahan," papar Suherli.

Sumber: Otosia.com

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Live Streaming

Powered by