Sukses

Jangan Sembarangan, Ini Cara Aman Berbelok dan Pindah Jalur

Kecelakaan saat hendak berbelok atau berpindah jalur sering kali terjadi. Bagi pengendara motor ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat hendak berbelok atau berpindah jalur.

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan saat hendak berbelok atau berpindah jalur sering kali terjadi. Bagi pengendara motor ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat hendak berbelok atau berpindah jalur.

Seperti dilansir Federal Oil, Selasa (15/10), saat akan berbelok atau pindah jalur pemilik kendaraan tidak hanya mengandalkan lampu sein, karena ada beberapa bagian pada kendaraan yang tidak terlihat atau biasa disebut blind spot.

Hal lain yang perlu dilakukan setelah menyalakan sein adalah melihat kondisi bagian belakang kendaaan dari kaca spion.

Setelah memastikan aman, pengendara motor juga harus berada di jalur bagian kiri atau kanan saat akan berbelok. Pastikan juga keamanan saat hendak pindah jalur.

Apabila diurutkan, pengendara motor harus menyalakan lampu sein lalu melihat spion dan melihat belakang kanan atau kiri dalam hitungan detik. Setelah itu lihat area yang akan dituju, dan secara berlahan mengarahkan kendaraan.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Situasi dan Kondisi

Banyak kecelakaan sepeda motor terjadi karena tabrakan dengan kendaraan dari arah belakang akibat kurangnya pemahaman saat hendak berbelok.

Karena itu, memperhatikan situasi dan kondisi sebelum berbelok atau pindah jalur penting dilakukan dan diperhatikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini