Isuzu Pamer Konsep Truk Masa Depan, Begini Penampakannya

Oleh Liputan6.com pada 15 Okt 2019, 06:13 WIB
Isuzu

Liputan6.com, Jakarta - Isuzu baru saja merilis gambar perdana dari truk konsep yang dijuluki FL IR. Kendaraan ini nantinya akan tergabung dalam barisan produk Isuzu yang ditampilkan mulai 24 Oktober hingga 4 November 2019 di Tokyo Motor Show 2019, Jepang.

Dilansir Carscoops, truk ini memiliki desain yang sangat futuristik. Bagian depan didominasi panel berwarna biru tua dan bingkai perak dengan tulisan Isuzu yang cukup besar di bagian tengah.

Selain itu, terdapat lampu LED kecil sebagai penerangan dan sepasang kamera yang digunakan untuk menggantikan fungsi spion.

Menurut Isuzu, truk ini terinspirasi dari pergerakan hewan laut yang menggunakan gelombang suara ultrasonic dan memiliki formasi berenang yang unik. FL IR juga memiliki bentuk yang terinspirasi dari hiu untuk mengilustrasikan bentuk robot gagah.

Menariknya, tak hanya futuristik dari segi tampilan, FL IR juga disematkan teknologi yang mutakhir yaitu fitur berkendara otonom yang memungkinkan teknik platooning.

Platooning adalah teknik berkendara yang dilakukan oleh beberapa truk dengan berjalan beriringan dalam jarak yang berdekatan. Teknik ini sendiri digunakan karena memiliki beberapa fungsi.

 

2 of 2

Teknologi Otonom

Dari segi keamanan, truk yang berkelompok akan lebih dihindari oleh pelaku kejahatan. Sementara dari aspek aerodinamika, platooning dapat menghemat kebutuhan bahan bakar truk yang berada di belakang truk paling depan.

Hal ini dikarenakan arus angin yang menghambat tidak mengenai truk-truk yang berada di baris kedua dan seterusnya.

Dengan teknologi otonom yang dimiliki FL IR, teknik ini dapat dilakukan secara otomatis. Truk pertama akan memimpin sementara truk di belakangnya akan bereaksi, beradaptasi, dan mengikuti pergerakan truk paling depan.

Gambaran untuk bagian interior FL IR belum diketahui. Namun, Isuzu mengatakan bahwa tata letak kabin dapat disesuaikan secara otomatis tergantung mode yang sedang digunakan yaitu mode otonom atau dikendarai manual.

Penulis: Khema Aryaputra

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by