Sukses

Hyundai Punya Mobil yang Gas Buangnya Aman untuk Tubuh

Gas buang kendaraan dengan mesin pembakaran memiliki beragam dampak yang berbahaya bagi tubuh manusia. Tapi tidak untuk mobil Hyundai yang satu ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gas buang kendaraan dengan mesin pembakaran memiliki beragam dampak yang berbahaya bagi tubuh manusia. Berbagai kandungan senyawa seperti Karbon Monoksida, Nitrogen Oksida, dan lain sebagainya dapat merusak sistem pernapasan.

Baru-baru ini, Hyundai baru saja merilis video yang cukup mengejutkan dalam kanal YouTubenya seperti dilansir Motor1. Dalam video tersebut terlihat seorang atlet renang Spanyol, Mireia Belmonte, masuk ke dalam sebuah gelembung yang disambungkan dengan knalpot dari mobil Hyundai Nexo.

Setelah berada di dalam gelembung, ia lalu berlari di atas treadmill sembari menghirup gas buang yang dihasilkan oleh mobil Hyundai Nexo. Menariknya, sang atlet terlihat baik-baik saja dan bisa bernapas dengan normal.

Video tersebut merupakan upaya Hyundai untuk mempromosikan mobil berbahan bakar hidrogen miliknya yaitu Nexos. Mobil ini menggunakan hidrogen untuk menghasilkan listrik yang nantinya akan menggerakkan motor.

Gas buang yang dihasilkan sendiri sama sekali tidak berbahaya dikarenakan kendaraan berbahan bakar hidrogen hanya menghasilkan uap air dan panas. Selain itu, mobil ini juga mampu menjernihkan udara yang keluar.

Kendaraan bertenaga hidrogen memiliki beberapa kelebihan seperti dapat menghasilkan listrik tanpa perlu menggunakan baterai yang berat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendala yang Ditemui

Bahan bakar hidrogen juga dapat diisi dengan cepat layaknya mobil yang menggunakan bahan bakar minyak.

Namun, beberapa kendala masih ditemui pada kendaraan hidrogen. Hidrogen kurang stabil dalam beberapa kondisi sehingga memiliki kecenderungan dan potensi untuk meledak.

Selain itu, bahan bakar hidrogen juga sulit untuk bekerja pada suhu yang dingin. Namun, Hyundai mengatakan bahwa Nexo tetap dapat beroperasi hingga suhu -34 derajat celsius.

Penulis: Khema Aryaputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini