Sukses

Ini Enam Komponen yang Mesti Diperiksa Usai Mobil Dipakai Liburan

Pemilik mobil sebaiknya memeriksa kendaraannya setelah digunakan untuk perjalanan jauh dan membawa beban cukup banyak. Hal itu dikarenakan mobil yang telah digunakan untuk perjalanan selama liburan akan membuat kondisi mesin mengalami penurunan performa dan membutu

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik mobil sebaiknya memeriksa kendaraannya setelah digunakan untuk perjalanan jauh dan membawa beban cukup banyak. Hal itu perlu dilakukan karena mobil yang telah digunakan untuk perjalanan selama liburan akan membuat kondisi mesin mengalami penurunan performa dan membutuhkan perbaikan.

Berikut beberapa komponen-komponen yang seringkali mengalami penurunan performa setelah perjalanan jauh, seperti dilansir Garda Oto, Senin (14/10/2019):

1. Oli Transmisi

Komponen yang pertama yang harus dicek adalah oli transmisi mobil. Pengecekan ini bertujuan untuk melihat kondisi mobil apakah masih layak atau tidak untuk digunakan.

Apabila oli transmisi sudah tidak layak untuk digunakan, maka Anda perlu mengganti oli baru. Jarak tempuh juga bisa menjadi patokan. Hendaknya segera mengganti oli baru saat mobil telah menempuh jarak 20.000 Kilometer.

2. Air Radiator

Selalu perhatikan kondisi air radiator mobil. Apabila mobil yang digunakan sudah cukup berumur ada baiknya untuk menguras air radiator dan menggantinya dengan yang baru. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi mesin mobil tidak cepat panas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Aki Mobil

Komponen selanjutnya yang wajib diperiksa setelah menempuh perjalanan jauh adalah bagian aki. Pemilik kendaraan bisa menggunakan alat voltmeter ataupun mengeceknya dari suara klakson mobil.

Apabila terdengar suara yang tidak biasa, ada kemungkinan terjadi masalah pada sistem kelistrikan yang berasal dari aki mobil.

Sebagai informasi tambahan, kondisi aki mobil yang stabil umumnya memiliki tegangan sekitar 12 – 13 volt dalam kondisi mesin mati.

4. Rem

Merupakan komponen yang sangat penting untuk dicek, pemilik kendaraan sebaiknya melihat ketebalan kampas rem, apakah sudah tipis atau masih layak digunakan. Bila memang sudah menipis, segeralah ganti agar tidak terjadi kendala teknis saat berkendara.

Jangan lupa cek minyak rem. Apabila terdapat kebocoran pada minyak rem, maka Anda harus segera mengganti komponen tersebut.

5. Lampu Mobil

Lampu mobil berfungsi sebagai penerang jalan sekaligus memberikan pertanda kepada kendaraan di sekitar. Periksa kondisi lampu mulai dari lampu utama, lampu kabut, lampu rem dan lampu sein.

6. Ban

Perjalanan jauh menyebabkan berkurangnya tekanan angin pada ban. Cek secara teratur hal ini untuk menghindari keausan. Perlu diingat, ban mobil yang baik akan memberikan banyak keuntungan kepada pengendara, seperti kemudahan dalam kendali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini