Toyota Siapkan MPV Mewah Terbaru, Lebih Bongsor dari Alphard

Oleh Liputan6.com pada 11 Okt 2019, 06:04 WIB
Diperbarui 11 Okt 2019, 08:09 WIB
Toyota

Liputan6.com, Jakarta - Toyota dikabarkan siap menghadirkan satu model baru di Tokyo Motor Show 2019. Model yang bakal dirilis adalah MPV mewah, tapi bukan Alphard.

Model anyar itu adalah Toyota GranAce. Toyota sudah lebih dulu memasarkan model ini di negara lain. Cari saja Granvia di Australia atau Majesty di Thailand, pasti menemukan unit mirip GranAce.

Ukurannya tergolong besar untuk standar negara-negara Asia, dengan panjang 5,3 meter berikut lebar hampir 2 meter. Dimensi gambot ini didapat, karena mereka pada dasarnya HiAce H300 generasi teranyar yang dibuat lebih mewah.

Berbagai ubahan eksterior dilakukan, demi mengangkat derajatnya dari van komersial menjadi Luxury MPV. Wajahnya mengadopsi grille besar berikut dekorasi kromium horizontal, di bagian dalam maupun bingkai terluarnya. Lampu utama memanfaatkan dua lensa LED serta LED DRL yang mengalirkan garis bingkai grille.

Sisi samping dan buritan pun tidak dibiarkan polos. Side skirt dan body moulding menjadi tambahan di sampingnya. Selain itu, pintu bagasi disematkan lampu ekstra serta dekorasi kromium.

Satu hal yang menjadi pembeda utama di sisi eksterior, yakni kaca samping. Rupa bukaan kaca semakin luas tanpa pilar-pilar yang mengganggu.

Melihat isi kabin, jelas terpampang kodratnya sebagai kendaraan pengangkut penumpang rasa kelas bisnis. Toyota memberikan opsi konfigurasi bangku tiga-baris enam penumpang, atau empat-baris delapan penumpang.

Tersedia Captain seat di baris dua dan tiga. Duduk di kursi ini tampak nyaman berkat headrest tebal serta fitur mekanisme ottoman untuk sandaran kaki. Atmosfer berkelas diraih berkat perpaduan warna hitam dan krem serta dekorasi kayu.

 

2 of 2

Kabin Elegan

Tak hanya area penumpang belakang, kokpit juga didesain lebih elegan. Panel hitam mengilap mendominasi konsol tengah.

Selain itu, bertebaran aksen metalik di kisi AC. Bahkan kap panel instrumen dibalut material kulit. Sarana hiburan ditampilkan melalui layar sentuh lengkap dengan fitur konektivitas dan Smart Device Link.

Kenyamanan ditingkatkan melalui insulasi kabin, yang membuatnya lebih senyap dan minim getaran. Suspensi belakang pun diubah konstruksinya menjadi trailing-link. Tugas per daun digantikan per ulir yang lebih nyaman.

Urusan penghasil daya, GranAce mengandalkan unit diesel 1GD berkubikasi 2.800 cc. Belum ada rilis resmi mengenai spesifikasi mesin, namun unit ini tersedia tiga pilihan output: 156 PS, 163 PS, dan 177 PS. Tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan menuju roda belakang.

Fitur keselamatannya dilengkapi Toyota Safety Sense versi paling mutakhir. Termasuk di dalamnya Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Automatic High Beam, Dynamic Radar Cruise Control, Road Sign Assist, dan Lane Tracing Assist. 

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓