Sukses

Agar Tenang di Jalan, Berikut 3 Cara Mengecek Kondisi Sabuk Pengaman

Salah satu fitur keselamatan yang cukup penting di mobil, adalah sabuk pengaman.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur keselamatan yang cukup penting di mobil, adalah sabuk pengaman. Dengan begitu, kondisi dan perawatan terhadap piranti ini wajib diperhatikan, dan jangan pernah disepelekan.

Berikut, 3 tips mudah mengecek kondisi sabuk pengaman yang cukup mudah seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1) Cek Kondisi Fisik Sabuk Pengaman

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek sabuk pengaman adalah dengan melihat, apakah sudah ada atau muncul tanda-tanda kerusakan fisik, baik itu kepala sabuk yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau kain sabuk yang sudah terpotong atau terlilit. Hal ini harus diperhatikan dan dicek secara detail, untuk memastikan tidak ada masalah pada seat belt

2) Lakukan Tes Sederhana

Lakukan tes sederhana dengan cara menarik sabuk pengaman dengan cepat. Jika sabuk tersebut tertahan, itu artinya sabuk pengaman tersebut masih dalam kondisi yang baik. Namun jika tak tertahan atau lepas, artinya sabuk pengaman tersebut sudah rusak dan harus segera diperbaiki atau diganti.

Sebagai informasi tambahan, kalau saat Anda mengecek sabuk pengaman tersebut terasa tertahan dan tidak mau kembali ke posisi normal (semula), kemungkinan artinya mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan.

Hal Ini sering terjadi terutama pada mobil dengan fitur seat belt pretensioner, dimana fungsi penahan sabuk pengaman tersebut dipakai untuk menahan tubuh ketika terjadi benturan. Agar keamanan lebih maksimal, ada baiknya jika Anda segera mengganti sabuk pengaman tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3) Cek Memakai Scanner OBD

Pemeriksaan sabuk pengaman juga bisa dilakukan dengan memakai scanner OBD.

Sensor pada mobil akan memberitahukan, bahwa sabuk pengaman tersebut masih dalam kondisi baik atau sudah rusak. Karena penting, pastikan sensor scanner OBD masih berfungsi dengan baik agar informasi kondisi sabuk pengaman tepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.