Posisi Tubuh Ideal Saat Mengendarai Sepeda Motor

Oleh Dian Tami Kosasih pada 10 Okt 2019, 04:00 WIB
7 Posisi 'Pewe' dan Aman Berkendara

Liputan6.com, Jakarta - Secara teori, berkendara dengan menggunakan sepeda motor lebih menguras tenaga. Karena tubuh harus lebih berkonsentrasi untuk menyeimbangkan kendaraan.

Tak hanya itu, cuaca yang terkadang berubah– ubah membuat pemotor harus memiliki stamina lebih. Ada beberapa cara agar pengendara motor bisa menjaga stamina meski berkendara jauh, salah satunya memperhatikan posisi tubuh yang benar.

Mengendarai sepeda motor dengan posisi tubuh ideal akan membuat pemotor terhindar dari kelelahan. Berikut posisi tubuh yang ideal saat berkendara dengan sepeda motor, seperti dilansir Wahana Honda.

1. Posisi Tubuh Tegak dan Rileks

Posisi pertama adalah posisi tegak dan rileks. Dengan posisi tegak dan rileks pemotor tidak akan mudah capek dalam berkendara.

Selain itu, posisi tubuh yang tegak juga akan lebih mudah menyeimbangkan sepeda motor. Posisi ini terbukti merupakan posisi terbaik untuk handling sepeda motor.

2. Posisi Lengan Jangan Terlalu Lurus

Posisi lengan yang memegang setang harus memiliki jarak sehingga siku masih memiliki tekukan. Jika tangan terlalu lurus dan tidak ada tekukan pada siku, kondisi tangan akan sangat lelah, terlebih saat melakukan pengereman dan menggunakan kopling.

Fungsi kerja dari tekukan yang ada di siku bisa menjadi 'suspensi' sehingga memudahkan kita mengoperasikan sepeda motor dengan mudah.

2 of 3

3. Gunakan Seluruh Jari untuk Menggenggam Tuas Setang

Dengan memaksimalkan penggunaan jari, kita akan merasa nyaman dalam berkendara. Selain itu penggunaan empat jari berfungsi sebagai salah satu standar keamanan dalam berkendara.

Dengan menggunakan 4 jari pada setang dan menerapkan pengereman, kesalahan pada saat mengentikan kendaraan akan sangat jarang terjadi.

4. Posisi Lutut Rapat Ke Arah Depan

Posisi ini sangat baik untuk melindungi badan saat terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Selain itu, posisi lutut yang rapat akan memudahkan menyeimbangkan sepeda motor.

Posisi ini juga merupakan posisi standar keselamatan yang merupakan bagian materi dari safety riding.

5. Posisi Duduk Pas

Cari posisi paling enak dan nyaman. Jika sudah merasa nyaman, pengendara akan lebih mudah menyeimbangkan posisi sepeda motor dan tidak mudah lelah.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓