Sukses

Tak Repot Lagi, Ban Canggih Ini Bisa Melakukan Perawatan Sendiri

Salah satu produsen ban, Continental telah menghadirkan konsep sistem teknologi baru yang disebut CARE (connected, autonomous, reliable, electrified).

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu produsen ban, Continental telah menghadirkan konsep sistem teknologi baru yang disebut CARE (connected, autonomous, reliable, electrified). Dengan teknologi ini, bakal mendukung solusi manajemen ban yang fleksibel seperti bisa digunakan armada taksi modern.

Dilansir Paultan, sensor yang dibangun ke dalam struktur ban Care ini, secara terus menerus menilai data yang berkaitan dengan kedalaman tapak, kemungkinan kerusakan, suhu dan tekanan ban. Sistem pemantauan ini, dijuluki ContiSense yang mampu mentransmisikan informasi terkait kondisi ban ke ContiConnect Live, yang memungkinkan manajer armada untuk mengelola kondisi ban dari jarak jauh.

Selain itu, bagian yang menarik dari konsep ban canggih ini, adalah kemampuan secara aktif mengatur tekanan ban, melalui pompa sentrifugal yang terpasang di roda. Jadi, ketika kendaraan berakselarasi, gaya sentrifugal di dalam roda bekerja pada pompa untuk menghasilkan udara yang terkompresi yang disimpan dalam tangki yang terintegrasi.

Perusahaan menyebut teknologi tersebut, PressureProof, dan dikatakan teknologi itu akan menggunakan udara secara cepat menyesuaikan tekanan ban dengan berbagai situasi mengemudi, dan memastikan tekanan ban tetap dalam kondisi ideal, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Sebatas Konsep

Namun, hingga saat ini Continental belum mengonfirmasi kapan dan apakah teknologi ini akan menuju jalur produksi, Tetapi, perusahaan mengatakan bahwa Care juga akan bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi pada kendaraan listrik dan kendaraan pribadi, selain bisa digunakan untuk taksi modern.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.