Sukses

Ingat, Ini Kekurangan Fitur Pedestrian Detection

Beragam fitur disematkan pada mobil terbaru. Salah satunya adalah pedestrian detection yang dipadukan dengan sistem pengereman darurat.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam fitur disematkan pada mobil terbaru. Salah satunya adalah pedestrian detection yang dipadukan dengan sistem pengereman darurat.

Fitur itu terdengar bisa sangat membantu mengurangi kecelakaan antara mobil dengan pejalan kaki. Tapi rupanya pengujian yang dilakukan AAA mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan.

Fitur pedestrian detection itu disebut masih jauh dari kata sempurna. Melansir Carscoops, pengujian itu dilakukan menggunakan 4 model mid-size sedan. Yakni, Chevrolet Malibu, Honda Accord, Tesla Model 3, dan Toyota Camry. Empat model mobil itu dibekali fitur emergency braking system with pedestrian detection.

Pengujian itu menggunakan dummy untuk orang dewasa dan anak-anak yang berjalan di depan kendaraan yang sedang melaju. Pengujian dirancang sedemikian rupa, dengan beberapa skenario untuk membuktikan seberapa efisien fitur tersebut.

Dalam pengujian, ketika mobil melaju dengan kecepatan 32 kpj, hasilnya baik. Sistem pengereman darurat bisa mencegah 40 persen tabrakan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagal Menghindari Tabrakan

Tapi ketika kecepatan ditingkatkan menjadi 48 kpj, sebagian besar sistem gagal menghindari tabrakan. Ketika pengujian anak-anak yang tiba-tiba muncul dari dua mobil yang tengah terparkir, 89 persen tabrakan tak terhindarkan.

Sistem itu disebut benar-benar tidak efektif ketika skenario mobil melaju dari belokan. Semua model mobil yang dipakai menabrak pejalan kaki.

Teknologi ini juga disebut benar-benar tidak efektif ketika malam hari. Menurut AAA, 75 persen kematian pejalan kaki setelah hari gelap.

Meski begitu, pengembangan teknologi sistem deteksi pejalan kaki ini tetap didukung untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Data AAA menyebutkan bahwa kematian pejalan kaki meningkat sejak 2010. Sekitar 6.000 pejalan kaki terbunuh setiap tahun di Amerika Serikat.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.