Sukses

Kustomfest 2019 Back to the Roots, Apa Maksudnya?

Kustomfest 2019 kembali bergulir. "Lebarannya anak kustom" ini berlangsung 5-6 Oktober 2019 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kustomfest 2019 kembali bergulir. "Lebarannya anak kustom" ini berlangsung 5-6 Oktober 2019 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta.

Back To the Roots menjadi tema gelaran yang memasuki tahun kedelapan tersebut. Tema ini diangkat untuk mengembalikan lagi semangat kebersamaan yang mulai luntur karena perbedaan pandangan.

"Melalui tema ini, kami dari Kustomfest ingin menyatukan lagi, bahwa Indonesia punya akar budaya, kearifan lokal, dan apa yang menjadi ciri khas bangsa harus digali lagi dan itu kita jadikan dasar untuk melangkah bersama," jelas Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi di lokasi acara, Sabtu (10/5/2019).

"Perpecahan yang lalu kita lupakan, mari kita berjalan bergandengan tangan lagi menyongsong Indonesia yang lebih bagus dan cerah," Lulut menambahkan.

Tidak kurang 150 motor dan 28 mobil serta puluhan sepeda kustom menghiasi ruang pamer Kustomfest 2019. Lulut yang juga builder Retro Classic Cycles menyebut, peserta yang mengikuti event tahun ini masih didominasi dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali.

Mewakili Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X yang berhalangan hadir, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Rony Primanto Hari menyampaikan, pemerintah daerah sangat menyambut baik kegiatan-kegiatan kreatif seperti yang dilakukan oleh Retro Classic Cycles ini.

"Kami harapkan kegiatan-kegiatan seperti ini menjadi kegiatan yang menjadi ikonnya Jogja. Jadi Jogja yang istimewa ini memang memerlukan banyak ikon-ikon yang diharapkan nantinya bisa menambah khasanah keistimewaan Jogja," katanya.

Dirinya meyakini, penyelenggaraan Kustomfest ini mampu meningkatkan pariwisata Yogyakarta. Tentunya ini menjadi keuntungan bagi kota yang berjuluk Kota Gudeg tersebut.

"Kami memang tidak memiliki data yang pasti, tapi kami melihat sendiri bahwa beberapa hari sebelum dan setelah Kustomfest ini diadakan ternyata tingkat hunian hotel di Jogja meningkat luar biasa. Ini membuktikan bahwa banyak orang yang datang ke Jogja antara lain karena adanya event Kustomfest ini," ujarnya.

Sekadar informasi, Flat Track Race menjadi sajian baru Kustomfest 2019. Dalam balapan ini, ada sembilan kelas yang dilombakan termasuk special class yang berisikan para influencer.

Adapun delapan kelas umum yang dilombakan, terdiri dari beberapa kategori seperti horizontal engine, vertical engine, vintage v engine dan vintage bike.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelas yang Dilombakan

Berikut kelas Kustomfest Bike Show dan Hot Rod n Kustom Car Show:

Bike

Main Class/ di atas 250 CC

1. American Stock Kustom

2. American Chopper Bobber

3. European Chopper Bobber

4. Japan Chopper Bobber

5. FFA Main Class

 

Special Class

1. All ProStreet

2. All Bagger

3. All Caferacer

4. All Scrambler

5. All Kustom Mini

 

Nitrohead/ di bawah 250 CC

1. Nitrohead Chopper Bobber

2. Choppy Cub

3. Nitrohead FFA

4. Honda The Battle of Dream

5. Kawasaki W Series Absolute Respect

 

Car

1. Hot Rod

2. Low Rider

3. Muscle Car

4. Airkooled

5. Retro Car

6. Pick Up

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.