Sukses

Lagi Marak Aksi Demo, Ini Lima Tips Supaya Nyetir Tetap Nyaman dan Asyik

Belakangan ini serentetan aksi demonstrasi mewarnai sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan hari ini, Rabu (2/10/2019), puluhan ribu buruh mendatangi gedung DPR, Jakarta, untuk menyuarakan tuntutannya.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini serentetan aksi demonstrasi mewarnai sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan hari ini, Rabu (2/10/2019), puluhan ribu buruh mendatangi gedung DPR, Jakarta, untuk menyuarakan tuntutannya.

Seperti aksi-aksi demonstrasi sebelumnya, kemacetan dipastikan terjadi di beberapa titik berkumpulnya massa. Apalagi jika sampai jumlahnya mencapau puluhan ribu orang.

Aparah kepolisian akan menutup akses jalan jika dianggap aksi demonstrasi berbahaya untuk kendaraan yang melintas. Rute alternatif disiapkan untuk mengalihkan para pengendara yang hendak melalui lokasi aksi demo.

Jika aksi demo hari ini akan berakhir dengan kemacetan apa, lantas harus bagaimana jika berkendara saat ada unjuk rasa di jalan?

Berikut ini adalah lima caranya, dikutip dari Auto2000:

Jaga Emosi 

Tanpa perlu menunggu adanya demo, kamu memang harus tetap menjaga emosi. Tujuannya agar bisa mengemudi dengan tenang dan nyaman. Apalagi, ada unjuk rasa yang membuatmu sebal karena harus terjebak macet.

Fokuslah dan waspada pada situasi dan kondisi jalan. Kecuali penting, alihkan perhatianmu dari ponsel yang akan membuat konsentrasimu terpecah.

Pantau Update Berita 

Sebelum berjalan, sempatkan untuk mengecek perkembangan kondisi jalan melalui situs atau berita online. Bacalah media yang kredibel agar tak salah informasi.

Biasanya akan ada penjelasan tentang lokasi dan jam demo. Usahakan untuk menghindari jalan yang menjadi lokasi demo.

Dalam perjalanan, kamu juga harus tetap memperbarui informasi yang berkembang. Siaran radio dari audio mobil bisa kamu manfaatkan juga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan Peta Digital 

Aplikasi peta digital sudah menjadi teman berkendara yang bisa diandalkan. Hasil rekomendasi rute yang ditampilkan cukup akurat dan bisa menuntun kamu melalui jalan yang relatif lebih aman.

Sebelumnya, pelajari dulu rute yang ditawarkan, terutama jika ternyata diarahkan melalu wilayah yang ada aktivitas demo. Lihat juga apakah warna jalannya merah pekat yang berarti macet parah.

Kamu harus mengantisipasi dengan mencari rute alternatif. Biasanya peta digital akan menyajikan beberapa alternatif rute yang bisa dipilih. Waspada juga dengan aturan ganjil genap jika kamu berkendara di jam berlakunya aturan tersebut.

Siapkan Makanan dan Minuman Ringan 

Ingat, di jalan tak hanya kamu yang mencari rute alternatif. Pengguna jalan lain pasti berpikiran sama. Alhasil, jalan yang dipilih bisa saja padat dan macet.

Untuk itulah, kamu perlu menyiapkan makanan dan minuman ringan untuk jaga-jaga. Walaupun sepele, biasakan untuk pergi ke toilet sebelum mengemudi. Begitu terjebak macet dan tak bisa ke mana-mana, kamu akan kesulitan sendiri di jalan.

 

3 dari 3 halaman

Jangan Panik 

Karena sesuatu hal, bisa jadi kamu salah memilih rute dan masuk ke wilayah yang ada demo. Atau, jalan yang Anda pilih ternyata dilewati oleh para peserta demo.

Tutup seluruh kaca dan pastikan semua pintu terkunci. Letakkan barang berharga di laci yang tidak terlihat dari luar.

Jangan panik dan kendalikan emosi. Tidak perlu terpancing melakukan aksi balasan bila ada peserta demo yang berusaha melakukan tindakan yang salah.

Tetap fokus ke jalan dan waspada. Kamu bisa berbagi lokasi ke keluarga atau teman dekat sehingga mereka bisa memantau kondisi dan membantu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Jangan perlihatkan wajah tegang atau terdistraksi hal lain seperti main ponsel yang membuat kamu lengah dan memancing orang tidak bertanggungjawab untuk melakukan kejahatan.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.