Sukses

Pengendara Pria Gampang Kehilangan Fokus Dibanding Wanita, Benarkah?

Dibanding wanita, pengendara pria 22 persen lebih sering menggunakan smartphone dan 70 persen lebih banyak menonton video sambil berkendara. Selain itu, pria juga 260 persen lebih sering terdistraksi untuk melihat ke arah pejalan kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai mobil merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Situasi lingkungan yang dinamis membuat pengemudi harus fokus agar dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Namun, kebosanan seringkali melanda terutama pada perjalanan jarak jauh. Rasa bosan tersebut dapat membuat pengendara terdistraksi untuk mengemudi sembari melakukan aktivitas lain yang dapat memecah fokus.

Dilansir Carscoops, menurut penelitian yang dibuat oleh Smith's Lawyers, pengendara pria ternyata lebih mudah terdistraksi saat berkendara dibandingkan pengendara wanita.

Survei yang dilakukan melibatkan 2.214 pengendara mobil di Amerika dengan rentang usia 18 hingga 65 tahun. 70 persen dari pengemudi mengatakan bahwa mereka melakukan aktivitas lain saat sedang berkendara.

Berdasarkan hasil survei, pengendara pria lebih rentan terdistraksi untuk melakukan kegiatan lain saat mengemudi.

Dibanding wanita, pengendara pria 22 persen lebih sering menggunakan smartphone dan 70 persen lebih banyak menonton video sambil berkendara.

Selain itu, pria juga 26 persen lebih sering terdistraksi untuk melihat ke arah pejalan kaki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Penelitian

Namun, terdapat kegiatan yang sama-sama sering dilakukan baik oleh pria maupun wanita yaitu makan dan minum saat berkendara.

Berdasarkan penelitian, 58,9 persen pria dan 58,2 persen wanita sama-sama melakukan aktivitas tersebut.

National Highway Traffic Safety Admisitrations menyebutkan bahwa kemungkinan terjadinya kecelakaan meningkat sebanyak 80 persen saat pengemudi berkendara sembari makan atau minum.

Penulis: Khema Aryaputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.