Pengendara Pria Gampang Kehilangan Fokus Dibanding Wanita, Benarkah?

Oleh Liputan6.com pada 02 Okt 2019, 06:03 WIB
Diperbarui 02 Okt 2019, 17:15 WIB
[Bintang] Gentleman, 5 Shio Ini Nggak Akan Biarkan Pacarnya Nyetir

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai mobil merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Situasi lingkungan yang dinamis membuat pengemudi harus fokus agar dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Namun, kebosanan seringkali melanda terutama pada perjalanan jarak jauh. Rasa bosan tersebut dapat membuat pengendara terdistraksi untuk mengemudi sembari melakukan aktivitas lain yang dapat memecah fokus.

Dilansir Carscoops, menurut penelitian yang dibuat oleh Smith's Lawyers, pengendara pria ternyata lebih mudah terdistraksi saat berkendara dibandingkan pengendara wanita.

Survei yang dilakukan melibatkan 2.214 pengendara mobil di Amerika dengan rentang usia 18 hingga 65 tahun. 70 persen dari pengemudi mengatakan bahwa mereka melakukan aktivitas lain saat sedang berkendara.

Berdasarkan hasil survei, pengendara pria lebih rentan terdistraksi untuk melakukan kegiatan lain saat mengemudi.

Dibanding wanita, pengendara pria 22 persen lebih sering menggunakan smartphone dan 70 persen lebih banyak menonton video sambil berkendara.

Selain itu, pria juga 26 persen lebih sering terdistraksi untuk melihat ke arah pejalan kaki.

 

2 of 2

Hasil Penelitian

Namun, terdapat kegiatan yang sama-sama sering dilakukan baik oleh pria maupun wanita yaitu makan dan minum saat berkendara.

Berdasarkan penelitian, 58,9 persen pria dan 58,2 persen wanita sama-sama melakukan aktivitas tersebut.

National Highway Traffic Safety Admisitrations menyebutkan bahwa kemungkinan terjadinya kecelakaan meningkat sebanyak 80 persen saat pengemudi berkendara sembari makan atau minum.

Penulis: Khema Aryaputra

Lanjutkan Membaca ↓