Jangan Asal, Begini Cara Mengencangkan Mur Roda yang Benar

Oleh Arief Aszhari pada 01 Okt 2019, 19:06 WIB
Aston Martin DB5 James Bond

Liputan6.com, Jakarta - Melepas dan memasang roda mobil memang terlihat tidak terlalu sulit. Namun, bukan berarti bisa dilakukan secara asal, karena membongkar roda pada kendaraan berhubungan langsung dengan keselamatan berkendara.

Roda yang tidak terpasang dengan benar, sudah pasti akan membuat risiko terjadinya kecelakaan semakin besar. Dengan begitu, satu hal yang penting dalam pemasangan atau melepasnya adalah harus melonggarkan maupun mengencangkan mur roda dengan tepat.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, untuk melepas roda, kita harus terlebih dahulu melonggarkan mur dan hal tersebut sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar.

Caranya, saat melepas mur lakukanlah dengan teknik urutan menyilang antar mur, dan tidak boleh berurutan agar tekanan yang mengikat mur terlepas secara merata.

Tetapi, yang paling krusial dalam hal mur roda ini biasanya terjadi pada saat pemasangan roda. Pemilik sangat disarankan untuk memastikan terlebih dahulu bahwa pelek ban sudah benar-benar pas pada tempatnya, dan tidak miring.

Lalu, pada saat mengencangkan mur juga harus cermat. Prosesnya tidak beda dengan yang dilakukan pada saat pengenduran mur, dengan urutan menyilang.

Sebelum melakukan pengencangan mur roda, harus diketatkan terlebih dulu. Jangan langsung mengencangkan supaya semua mur menempel dengan benar pada tempatnya.

Dengan begitu, pelek ban pun akan menempel dengan tepat pada tempatnya.

2 of 2

Jangan hanya pakai tangan

Terakhir dan tidak kalah penting, pada saat melonggarkan mur ketika melepas roda atau mengencangkannya kembali saat memasang roda, sangat dianjurkan untuk tidak cuma mengencangkan dengan memakai tenaga tangan saja.

Tapi, jika dalam keadaan darurat, tidak apa-apa, dan segera ke bengkel untuk dikencangkan dengan kunci torsi, sesuai dengan ketentuan yang semestinya.

Hindari juga mengencangkan atau melonggarkan dengan cara menginjak kunci roda atau menghentak hal ini bisa menyebabkan baut dol atau patah.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by