Sukses

Dukung Olimpiade, Bridgestone Bikin Solusi Akses Bus Tanpa Penghalang

Bridgestone bekerja sama dengan kelompok kolaboratif di Jepang untuk mengembangkan desain pembatas pinggir jalan baru yang memungkinkan bus untuk mendekat ke trotoar

Liputan6.com, Jakarta - Mendukung pesta olahraga dunia, Olimpiade dan Paralimpiade 2020, Bridgestone Corporation (Bridgestone) mengumumkan, jika para ahli ban dan material karet merek telah menghasilkan solusi baru yang akan memberikan akses bus tanpa penghalang di wisma atlet yang baru dibangun di Tokyo, Jepang.

Memanfaatkan pengetahuan Bridgestone tentang ban bus komersial dan karet, jenama karet bundar ini bekerja dengan kelompok kolaboratif di Jepang untuk mengembangkan desain pembatas pinggir jalan baru yang memungkinkan bus untuk mendekat ke trotoar.

Desain pinggiran trotoar ini mencakup kemiringan khusus yang dirancang secara teknis, agar lebih halus untuk bersentuhan dengan bentuk ban sehingga dapat mengurangi tingkat keausan dan getaran dinding samping ban.

Bagian pinggiran ini juga dapat dibentuk agar sesuai dengan ukuran ban, dan kendaraan umum yang menggunakan lokasi trotoar tertentu.

Hasilnya, jarak yang jauh lebih dekat antara trotoar dan pintu masuk bus, yang memberikan akses masuk dan keluar penumpang yang lebih mudah dan lebih aman, terutama pengguna kursi roda, orang dengan kereta bayi, dan warga lanjut usia.

Pembatas jalan tanpa penghalang baru ini pertama kali diperkenalkan di Okayama, Jepang pada Juni 2019. Dan saat ini, telah diadopsi oleh Pemerintah Metropolitan Tokyo.

Instalasi pertama di Tokyo akan selesai pada Februari 2020, di Wisma Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemasangan

Instalasi akan mencakup hampir 395 meter trotoar yang dirancang untuk mengakomodasi berbagai ukuran ban dan kendaraan.

Bridgestone terus bekerja dengan Pemerintah Metropolitan Tokyo, dan wilayah metro lainnya untuk mengidentifikasi lokasi selanjutnya untuk solusi baru yang akan bermanfaat bagi masyarakat di seluruh Jepang, juga setelah Tokyo 2020.

"Melalui proyek-proyek seperti ini, kami fokus pada meningkatkan pengetahuan kami yang luas untuk membantu menciptakan solusi canggih yang menghilangkan hambatan dan meningkatkan aksesibilitas bagi semua orang -orang dalam transportasi bus umum dan hal lainnya," jelas Masaaki Tsuya, Chairman of the Board, Chief Executive Officer dan Representative Executive Officer, Bridgestone Corporation, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (30/9/2019).

Sebagai informasi, Bridgestone sendiri tidak memproduksi atau menjual produknya, tetapi bertanggung jawab atas desain, pengujian, dan verifikasi utamanya sebagai bagian dari kolaborasi dengan Yokohama National University, Asosiasi Perencanaan Transportasi Jepang, dan Advance Co., Ltd.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.