Sukses

Supaya Awet, Ini Tips Merawat Kain Microfiber

Lap microfiber merupakan kain yang menggunakan bahan serat sintesis. Lap itu memiliki banyak fungsi, mulai dari mengeringkan mobil yang basah, membersihkan debu, sampai sering digunakan untuk menerapkan wax pada mobil

Liputan6.com, Jakarta - Lap microfiber merupakan kain yang menggunakan bahan serat sintesis. Lap itu memiliki banyak fungsi, mulai dari mengeringkan mobil yang basah, membersihkan debu, sampai sering digunakan untuk menerapkan wax pada mobil.

Agar bisa selalu awet, lap multiguna ini harus dirawat, lho. Mengutip lama Suzuki, Minggu 29 September 2019, berikut adalah tiga cara merawat lap microfiber.

Pertama, mencucinya terlebih dahulu sebelum dipakai. Ketika baru membeli lap tersebut, segeralah dicuci sebelum lap tersebut akan digunakan.

Mirip dengan baju yang sebaiknya dicuci dulu pakai air supaya bahan kainnya bisa beradaptasi. Tapi ingat jangan mencucinya dengan mesin cuci.

Cukup cuci tangan tanpa deterjen dan pelembut karena bisa merusak struktur microfiber-nya. Usahakan untuk menggunakan air yang hangat untuk mencuci dan merendam lap microfiber.

Setelah direndam, peras ringan saja jangan terlalu keras seperti kain lap biasa. Lalu dijemurnya cukup diangin-anginkan saja dan jangan di bawah sinar matahari langsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemakaian Jangan Dicampur

Ingat juga, jangan dicampur juga dengan bahan lain seperti kaos atau celana. Mengapa? Daya serap microfiber berbeda dan partikel dari bahan-bahan lain yang justru berisiko menempel.

Kedua, memisahkan fungsi setiap lap. Misalnya, lap yang digunakan untuk waxing, ya khusus waxing. Kalau untuk mengeringkan mobil, kainnya terpisah. Jangan dicampur pemakaiannya.

Ketiga, cuci segera setelah dipakai. Setelah dipakai, lap microfiber juga sebaiknya langsung dicuci agar kondisinya tetap baik dan saat ingin dipakai bisa langsung digunakan. Bagaimana cara mencucinya? Sama dengan poin pertama.

Cukup cuci tangan dengan air hangat, tanpa deterjen dan pelembut. Lalu dijemurnya cukup diangin-anginkan saja dan jangan di bawah sinar matahari langsung.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini