Supaya Awet, Ini Tips Merawat Kain Microfiber

Oleh Liputan6.com pada 30 Sep 2019, 15:09 WIB
Kain lap

Liputan6.com, Jakarta - Lap microfiber merupakan kain yang menggunakan bahan serat sintesis. Lap itu memiliki banyak fungsi, mulai dari mengeringkan mobil yang basah, membersihkan debu, sampai sering digunakan untuk menerapkan wax pada mobil.

Agar bisa selalu awet, lap multiguna ini harus dirawat, lho. Mengutip lama Suzuki, Minggu 29 September 2019, berikut adalah tiga cara merawat lap microfiber.

Pertama, mencucinya terlebih dahulu sebelum dipakai. Ketika baru membeli lap tersebut, segeralah dicuci sebelum lap tersebut akan digunakan.

Mirip dengan baju yang sebaiknya dicuci dulu pakai air supaya bahan kainnya bisa beradaptasi. Tapi ingat jangan mencucinya dengan mesin cuci.

Cukup cuci tangan tanpa deterjen dan pelembut karena bisa merusak struktur microfiber-nya. Usahakan untuk menggunakan air yang hangat untuk mencuci dan merendam lap microfiber.

Setelah direndam, peras ringan saja jangan terlalu keras seperti kain lap biasa. Lalu dijemurnya cukup diangin-anginkan saja dan jangan di bawah sinar matahari langsung.

 

2 of 2

Pemakaian Jangan Dicampur

Ingat juga, jangan dicampur juga dengan bahan lain seperti kaos atau celana. Mengapa? Daya serap microfiber berbeda dan partikel dari bahan-bahan lain yang justru berisiko menempel.

Kedua, memisahkan fungsi setiap lap. Misalnya, lap yang digunakan untuk waxing, ya khusus waxing. Kalau untuk mengeringkan mobil, kainnya terpisah. Jangan dicampur pemakaiannya.

Ketiga, cuci segera setelah dipakai. Setelah dipakai, lap microfiber juga sebaiknya langsung dicuci agar kondisinya tetap baik dan saat ingin dipakai bisa langsung digunakan. Bagaimana cara mencucinya? Sama dengan poin pertama.

Cukup cuci tangan dengan air hangat, tanpa deterjen dan pelembut. Lalu dijemurnya cukup diangin-anginkan saja dan jangan di bawah sinar matahari langsung.

Sumber: Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by