Mengenal Sosok Genovation GXE, Mobil Listrik Terkencang Sejagat

Oleh Liputan6.com pada 27 Sep 2019, 17:35 WIB
Mobil listrik

Liputan6.com, Jakarta - Keunggulan mobil listrik tak lagi sekadar ramah lingkungan. Dengan karakter torsi tingginya, mobil listrik memiliki performa yang tak bisa dipandang sebelah mata. Misalkan saja Genovation GXE, versi listrik sepenuhnya dari Chevrolet Corvette C6 itu, memecahkan rekor kecepatan untuk mobil listrik yang legal di jalanan.

Dalam video yang diunggah Genovation Cars, sportscar dengan tenaga listrik sekitar 800 Tk itu bisa menyentuh 210,2 mph atau 338 kpj.

Bukan angka yang mengejutkan, kalau dibandingkan mobil berbahan bakar bensin. Tapi untuk jantung elektrik, ini rekor baru. Rekor itu juga mengalahkan catatan sebelumnya dari Genovation GXE, di angka 336,3 kpj pada 2017. Tapi itu belum bikin manufaktur puas. Dalam pesan singkat di video, seperti menyatakan bakal memecahkan rekor lagi.

Treknya memakai fasilitas lintasan dari Kennedy Space Center Shuttle Landing di Amerika Serikat. Saat itu, diklaim angin cukup kencang. Selain itu, klaim performa mobil seharusnya bisa menyentuh 350 kpj. Makanya Genovation berniat kembali untuk mencatatkan rekor kecepatan lagi.

Selain kepuasan dan kebanggaan, entah tujuan apa yang ingin dicapai Genovation dengan mobil listrik. Pasalnya, seperti pada mobil berbahan bakar bensin, semakin tinggi performa yang dipakai, bakal cepat habis baterai penyokongnya. Spesifikasinya, motor elektrik ganda menyajikan daya hingga 800 Tk (597 kW) dan torsi monster 949 Nm, dengan distrbusi bobot seimbang 50:50. Klaim akselerasi 0 - 96 kpj kurang dari tiga detik. Sedang baterai 60 kWh, bisa memberi kemampuan jelajah sampai kisaran 209 km.

 

2 of 3

Dijual Terbatas

Padahal rata-rata mobil listrik, sejenis saat ini sudah menyentuh daya jelajah lebih dari 400 km atau baterai yang mencapai 100 kWh. Sedang kepunyaan Genovation GXE, bakal cepat habis kalau dipakai kebut-kebutan. Intip saja Porsche Taycan dan Tesla Model S. Klaim jarak Porsche Taycan Turbo mencapai 450 km, sedang Tesla Model S Performance diklaim bisa menempuh 590 km (untuk tipe Long Range sampai 611 km). Sebagai pembanding lain, Taycan konon bisa berlari sampai 260 kpj dan Model S 250 kpj.

Genovation GXE cuma dijual 75 unit kepada pembeli khusus. Karena mobil listrik itu modifikasi dari Corvette C6. Meski sudah cukup lama ditawarkan, sejak 2016, pengiriman unit ke konsumen baru dijadwalkan pada kuartal empat tahun ini. Mungkin itu alasan manufaktur merilis video rekor kecepatan puncak. Terlepas dari itu, Genovation GXE bakal tetap memegang titel mobil listrik legal paling kencang di dunia saat ini. Sampai ada nama lain yang memecahkan rekor itu. 

Sumber: Oto.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by