Sukses

Mobil Otonom Wuling Pamer Aksi

Bertempat di lokasi pabrik SGMW Cikarang, Wuling Motors perlihatkan Wuling E200 berteknologi otonom

Liputan6.com, Jakarta - Bertempat di lokasi pabrik SGMW Cikarang, Wuling Motors perlihatkan Wuling E200 berteknologi otonom. Sebelumnya, mereka hanya tampilkan versi kendaraan listrik di Indonesia Electric Motor Show 2019. Dan sekarang mobil itu dibekali Integrated Driving Technology.

Mobil mungil itu menunjukkan kemampuannya dalam berinteraksi dengan kondisi jalan di area pabrik. “Di lokasi ini kami tampilkan Integrated Driving Technology yang didukung oleh konsep Vehicle to Everything. Jadi, kendaraan menghubungkan antara orang, kondisi jalan, kendaraan, hingga komputasi awan. Mobil pintar ini mampu beradaptasi dengan infrastruktur di sekitar. Teknologi berkendara itu, diimplementasikan ke dalam mobil listrik E200 yang sudah dipasarkan di seluruh daratan Tiongkok awal September," ujar Cindy Cai, Vice President Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat (25/9).

Integrated Driving Technology turut didukung beragam fitur. Misalnya forward colIision warning, yang mampu mendeteksi kondisi jalan di depan. Fitur ini berguna mencegah terjadinya tabrakan di persimpangan.

Kemudian real time traffic navigation, memberikan informasi lalu lintas secara langsung. Ditambah change warning, auto emergency brake dan smart speed speed limit aid.

Selain untuk berkendara di jalan raya, Integrated Driving Technology juga dapat digunakan untuk memarkirkan kendaraan. Dibubuhi fitur autopilot parking, pengemudi cukup mengirimkan perintah melalui aplikasi.

Kemudian mobil merespons, mencari tempat dengan manuver parkir yang akurat. Sistem itu juga bisa mematikan dan menyalakan mesin, kemudian memberikan notifikasi serta menghampiri kembali pengemudi.

Dimesinnya sama dengan E200 listrik. Ia memiliki panjang 2.497 mm, lebar 1.526 mm dan tinggi 1.616 mm. Mobil didukung motor listrik dengan baterai lithium ion yang menghasilkan daya maksimal sebesar 29 kW.

Sementara dorongan torsi puncak 110 Nm, mampu dipacu sampai 100 km/jam. Dalam kondisi baterai penuh, Wuling E200 dapat menempuh jarak sampai 250 kilometer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rancang Bangun dan Fitur

Kendaraan listrik berkonfigurasi dua penumpang dari Wuling ini, memiliki desain bodi eksterior yang unik. Sentuhan elemen geometri menonjolkan karakter modern dan futuristik.

Sementara di bagian kabin, mobil listrik ini mengusung bentuk dasbor yang modern. Si mungil dilengkapi 11 kompartemen penyimpanan. Mulai dari bagian pintu, konsol tengah, hingga tempat tersembunyi di bawah bangku penumpang.

Fitur pendukung turut diberikan pada Wuling E200. Tersedia sistem keyless entry, start stop button dan electric parking brake (EPB). Mobil juga memiliki tiga mode berkendara: Eco, Normal, dan Sport.

Untuk memberikan hiburan bagi pengguna, Wuling E200 mempunyai koneksi bluetooth, USB hingga radio. Sepertinya visi pabrikan otomotif Cina dalam memproduksi mobil otonom dalam waktu dekat, bukan sekadar isapan jempol. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini